Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan narasi siswa kelas II SD se-Gugus 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan / Nora Romika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan narasi siswa kelas II SD se-Gugus 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan / Nora Romika

Romika, Nora (2018) Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan narasi siswa kelas II SD se-Gugus 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan / Nora Romika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Romika Nora. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Karangan Narasi Siswa Kelas II SD Se-Gugus 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd. (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci Huruf Kapital Tanda Baca Karangan Narasi Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa. Berdasarkan observasi awal hasil karangan narasi siswa ditemukan beberapa kesalahan. Kesalahan yang dilakukan siswa kelas II SD Petungrejo yang berjumlah 26 dan SD Purworejo I yang berjumlah 10 siswa sangat beragam di antaranya 36 siswa masih melakukan kesalahan dalam penulisan huruf kapital 18 siswa melakukan kesalahan dalam penulisan tanda titik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk dan tingkat kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan karena dalam penelitian ini lebih banyak didapatkan data berupa angka. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar yang termasuk Gugus 1 di Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan yaitu SD Petungrejo SD Purworejo I SD Purworejo II SD Simbatan I SD Simbatan II dan SD Simbatan III. Berdasarkan tes membuat karangan narasi yang diberikan kepada siswa sebanyak 69 dari 78 jumlah siswa keseluruhan (88 46%) melakukan kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi. Sedangkan untuk kesalahan penulisan tanda baca sebanyak 47 dari 78 jumlah siswa keseluruhan (60 25%). Pada kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama kata pertama pada awal kalimat frekuensi kesalahan tipe 1 (37 21%) dan frekuensi kesalahan tipe 2 (18 25%). Pada kesalahan penulisan huruf pertama unsur-unsur nama orang frekuensi kesalahan tipe 1 (25 33%) dan frekuensi kesalahan tipe 2 (0 15%). Pada kesalahan penulisan huruf pertama nama bulan dan hari frekuensi kesalahan tipe 1 (57 74%) dan frekuensi kesalahan tipe 2 (1 38%). Pada kesalahan penulisan tanda titik frekuensi kesalahan tipe 1 (25 88%) dan frekuensi kesalahan tipe 2 (3 13%). Pada kesalahan penulisan tanda koma frekuensi kesalahan tipe 1 (19 44%) dan frekuensi kesalahan tipe 2 (0 68%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang dapat diberikan yaitu untuk para guru diharapkan lebih menitikberatkan tentang kaidah berbahasa Indonesia tulis yang baik dan benar selain itu Dinas Pendidikan dapat mengadakan pelatihan kepada guru khususnya dalam penulisan huruf kapital dan tanda baca. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah aspek yang diteliti sehingga dapat dijadikan sebagai perbandingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6754

Actions (login required)

View Item View Item