Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III SDI Darut Taqwa Beji Tulungagung / Ayuk Febriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III SDI Darut Taqwa Beji Tulungagung / Ayuk Febriana

Febriana, Ayuk (2018) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III SDI Darut Taqwa Beji Tulungagung / Ayuk Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Febriana Ayuk. 2018. Peningkatan Hasil Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III SDI Darut Taqwa Beji Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M. Pd (2) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci peningkatan hasil keterampilan menulis puisi model contextual teaching and learning Berdasarkan hasil wawancara awal yang dilakukan bersama siswa dan guru kelas III SDI Darut Taqwa Beji Tulungagung pada pembelajaran menulis puisi diketahui terdapat siswa yang belum mengetahui langkah dan cara menulis puisi. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil keterampilan menulis puisi siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CTL dan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas III melalui model CTL. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model CTL dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus I didapatkan nilai rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 77% meningkat menjadi 96% pada siklus II. Nilai rata-rata observasi aktivitas siswa sebesar 69% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Sementara itu nilai rata-rata hasil keterampilan siswa pada pra tindakan adalah 53 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 0%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 92%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan hasil keterampilan siswa kelas III SDI Darut Taqwa Beji Tulungagung dalam menulis puisi. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menerapkan model CTL agar pembelajaran lebih menyenangkan dan hasil belajar dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6753

Actions (login required)

View Item View Item