Pengembangan model pembelajaran flipped classroom pada mata kuliah psikologi pendidikan / Lutvi Alfan Septian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran flipped classroom pada mata kuliah psikologi pendidikan / Lutvi Alfan Septian

Septian, Lutvi Alfan (2017) Pengembangan model pembelajaran flipped classroom pada mata kuliah psikologi pendidikan / Lutvi Alfan Septian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septian Lutvi Alfan. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata Kunci model pembelajaran flipped classroom psikologi pendidikan Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran peneliti melalui persepektif teknologi pendidikan mencoba meneliti model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan permasalahan pembelajaran yang ada. Bedasarkan silabus pada mata kuliah psikologi pendidikan terdapat 14 topik bahasan yang harus dikuasai dengan alokasi waktu 3 x 50 menit untuk sekali pertemuan dengan tuntutan aktivitas pembelajaran yang beragam. Idealnya perkuliahan psikologi pendidikan membutuhkan penambahan waktu agar mahasiswa bisa memiliki kesempatan belajar yang lebih namun tidak mengganggu alokasi waktu yang telah ditetapkan. Maka dari itu tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran flipped clasroom dan mengetahui hasil belajar mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2016 Universitas Negeri Malang setelah menggunakan model pembelajaran flipped clasroom pada mata kuliah psikologi pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Dick and Carey (2001). Adapun tahapan tersebut antara lain (1) Identifikasi tujuan pembelajaran (2) Analisis pembelajaran (3) Analisis peserta didik dan konteks pembelajaran (4) Merumuskan tujuan pembelajaran (5) Mengembangkan instrumen penilaian (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) Merancang dan mengembangakan evaluasi formatif (9) Melakukan revisi (10) Melakukan evaluasi sumatif. Validasi model pembelajaran flipped classroom pada mata kuliah psikologi pendidikan memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi 77 5% ahli media 95% mahasiswa 71 83%. Hasil belajar dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom pada mata kuliah psikologi pendidikan yaitu sebanyak 32 mahasiswa diperoleh persentase sebesar 90 6% dengan 29 mahasiswa mencapai KKM dan 3 mahasiswa belum mencapai KKM yang berarti memenuhi kriteria efektif digunakan dalam pembelajaran. Saran yang diajukan kepada dosen mata kuliah psikologi pendidikan adalah model pembelajaran ini dapat dijadikan inovasi dalam proses pembelajaran untuk mata kuliah yang lainnya. Bagi peneliti selanjutnya yaitu ketepatan sasaran subyek uji dan materi ajar dalam penggunaan model pembelajaran ini agar menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. ABSTRACT Septian Lutvi Alfan. 2017. Developing a Flipped Classroom Model of the Course of Educational Psychology. Thesis Department of Educational Technology Faculty of Education State University of Malang Advisor (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Keywords learning model flipped classroom educational psychology One of the problems facing the world of education today is the weakness of the learning process researchers through the perspective of educational technology trying to examine the learning model that can be used to help solve existing learning problems. Based on the syllabus in the subject of educational psychology there are 14 topics that must be mastered with a time allocation of 3 x 50 minutes for one meeting with the demands of various learning activities. Ideally lectures of educational psychology require the addition of time so that students can have more learning opportunities but not interfere with the allocated time. Therefore the purpose of this development is to produce the model of learning flipped clasroom and know the results of student learning technology education force 2016 State University of Malang after using the model of learning flipped clasroom on the subject of educational psychology. The method used in this research is the development model according to Dick and Carey (2001). The stages are (1) Identification of learning objectives (2) Analysis of learning (3) Analysis of learners and the context of learning (4) Formulate learning objectives (5) Develop assessment instruments (6) Develop learning strategies (7) Develop and select learning materials (8) Design and develop formative evaluation (9) Revise (10) Conduct summative evaluation. Validation of flipped classroom learning model in the subject of educational psychology fulfilled valid criteria with the result of material expert test 77 5% media expert 95% student 71 83%. Learning outcomes of the use of learning models flipped classroom on the course of psychology education that is as many as 32 students obtained percentage of 90.6% with 29 students reached the KKM and 3 students have not reached the KKM which means meet the effective criteria used in learning Suggestions submitted to the lecturers of the course of educational psychology is this learning model can be used as an innovation in the learning process for other courses. For further research is the accuracy of the target subjects test and teaching materials in the use of this learning model in order to produce more effective and efficient learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item