Hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Mahda Rosida - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Mahda Rosida

Rosida, Mahda (2018) Hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang / Mahda Rosida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Rosida Mahda. 2018. Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan membaca pemahaman menulis karangan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. (2) mengetahui nilai keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang (3) membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang. Keterampilan membaca pemahaman suatu kemahiran seseorang untuk mampu mengetahui dan memahami informasi makna atau pesan dari suatu bacaan secara mendalam. Keterampilan membaca pemahaman sangat berpengaruh dalam keterampilan menulis karangan. Keterampilan memahami teks bacaan dapat membantu siswa dalam menyerap berbagai pengetahuan baik tentang informasi teks bacaan maupun tata bahasa dalam bacaan sehingga dengan pengetahuan tersebut siswa dapat terlatih dalam mengasah keterampilannya untuk menulis karangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang yang berjumlah 408 siswa yang diambil sampel sebesar 30% dari populasi sehingga terdapat 122 siswa sebagai responden. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap keterampilan membaca pemahaman menunjukan nilai rerata sebesar 54 75 dengan rentang nilai rerata sebesar 32-63 terdapat 85 siswa masuk dalam kategori nilai rerata 26 siswa termasuk kategori lebih dari rerata dengan rentang nilai 64-95 dan 11 siswa termasuk kategori kurang dari rerata dengan rentang nilai 0-31. Nilai minimal dari hasil tes keterampilan membaca pemahaman sebesar 0 dan nilai maksimal sebesar 93. Sedangkan untuk hasil keterampilan menulis karangan menunjukan nilai rerata sebesar 58 47 dengan rentang nilai rerata sebesar 46-70 terdapat 70 siswa termasuk kategori rerata 32 siswa termasuk kategori lebih dari rerata dengan rentang nilai 71-95 dan 20 siswa termasuk kategori kurang dari rerata dengan rentang nilai 21-45. Nilai minimal dari hasil tes keterampilan menulis karangan sebesar 21 dan nilai maksimal sebesar 93. Berdasarkan hasil output SPSS analisis korelasi dengan jumlah 122 siswa dengan tingkat signifikansi 1% menunjukkan (0 671 0 210). Sehingga dapat disimpulkan bahwa vii terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Klojen Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6749

Actions (login required)

View Item View Item