Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sumberkedawung V kabupaten Probolinggo / Rezeki Meridian

Meridian, Rezeki (2018) Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sumberkedawung V kabupaten Probolinggo / Rezeki Meridian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dian, RezekiMeri. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri PadaSiswa Kelas III SDN Sumberkedawung V LecesKabupaten Probolinggo.Skripsi, Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar, JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Siti Umayaroh, S.Pd., M.Pd(II) Dra. Hj. Sukamti, M.Pd . Kata Kunci: media gambar seri, keterampilanmenulis, karangan narasi, sekolahdasar. Berdasarkan fakta yang ditemukan peneliti dalam proses pembelajaran, bahwa siswa kelas IIISDN Sumberkedawung V LecesKabupatenProbolinggokesulitan dalam menyusun karangannarasi. Penyebab dari kesulitan siswa menyusunkarangannarasiyaitu belum digunakannya media gambarseri di luarbuku ajar dalam pembelajaran dan langkah yang tepat untuk membantu penyampaian materi karangannarasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media gambar seri untuk meningkatkanketerampilan kemampuan menulis karangan narasi dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan memanfaatkan media gambar seri kelas III SDN Sumberkedawung V Leces Kabupaten Probolinggo. Desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus mempunyai 4 tahapan sesuai dengan model penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjekdalampenelitianiniadalahsiswasiswikelas III SDN Sumberkedawung V LecesKabupatenProbolinggo. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) pemanfaatan media gambarserioleh siswa kelas III SDN Sumberkedawung V Leces Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan dari siklus I keberhasilan mencapai 51,51%, kemudian pada siklus II keberhasilan mencapai 93,94%; (2) penggunaan gambarseri terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis karangannarasi siswa kelas III SDN Sumberkedawung V Leces Kabupaten Probolinggo baik secara kelompok maupun individu. Peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis siswa yang terjadi pada siklus I ke siklus II mencapai 13,4 dan peningkatan jumlah presentase hasil ketuntasan kelas siswa yang terjadi pada siklus I ke siklus II mencapai 42,43%padaawalpratindakanhanya39,39%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambarseri terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis karangannarasi pada siswa kelas IIISDN Sumberkedawung V Leces Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan penelitian ini, disarankan bagi peneliti selanjutnya agar menggunakan media gambarseri yang berjumlah 8 secarabeurutan bagi siswa secara individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6748

Actions (login required)

View Item View Item