Analisis implementasi model pembelajaran pada buku siswa kelas IV semester 2 / Rizqinah Nur Azizah

Azizah, Rizqinah Nur (2018) Analisis implementasi model pembelajaran pada buku siswa kelas IV semester 2 / Rizqinah Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah, Rizqinah Nur. 2017. Analisis Implementasi Model Pembelajaran pada Buku Siswa Kelas IV Semester 2 . Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Imam Nawawi, M.Si., (II) Drs. Toha Mashudi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Buku Siswa, Model Pembelajaran, Sekolah Dasar Buku siswa merupakan buku wajib yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai buku induk dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi buku siswa dengan model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran berbasis penemuan, model pembelajaran berbasis masalah, mauppun model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini berfokus pada 4 model pembelajaran yang mengintegrasi langkah-langkah pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Obyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah buku siswa kelas IV semester 2, yang terdiri dari empat tema empat belas subtema dan delapan puluh empat pembelajaran. Intrumen pada penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri, dibantu dengan instrumen analisis berdasarkan sintaks model pembelajaran yang kemudian dituangkan dalam tabel. Pada semester dua terdapat empat tema, tiap tema terdiri atas tiga subtema yang diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan dalam satu hari. Struktur penulisan pada buku siswa difasilitasi dengan pegalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja sama dengan Orang tua. Setiap awal subtema, terdapat lembar untuk orang tua yang berjudul Belajar di Rumah. Halaman ini berisi tentang materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rmah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis pembelajaran pada tema cita-citaku mencerminkan model pembelajaran berbasis inkuiri. Pembelajaran pada tema indahnya keragaman di negeriku mencerminkan model pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran pada tema daerah tempat tinggalku mencerminkan model pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan pada pembelajaran tema kayanya negeriku mencerminkan model pembelajaran berbasis masalah. ABSTRACT Azizah, Rizqinah Nur. 2017. Analysis of Instructional Model Implementation On Fourth Grade Student Book 2nd Semester. Bachelor Thesis, Department of Primary Education, Elementary and Preschool Education, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Imam Nawawi, M.Sc., (II) Drs. Toha Mashudi, S.Pd., M.Pd. Keywords:Students Book, Instructional Model, Elementary School Student book is a textbook published by the government as the main book in learning in primary schools. This study aims to determine the suitability of the contents of the book students with inquiry learning model, discovery based learning, problem based learning, project-based learning model on the other side of the subject. This study focuses on four learning model that integrates steps scientific approach. This research is a qualitative descriptive study. Object studied in this research is the book the fourth grade second semester of students,which consists of four theme fourteen sub themes and eighty four learning. Instruments in this research that the researchers themselves, aided by the syntax analysis instruments based learning model which was then poured in the table. In the second half there were four themes, each theme consists of three sub-themes outlined in the six learning. One lesson is allocated in a single day. The structure of the writing of the book students facilitated by rules of thumb meaningful learning which is translated via subtitles Let us discuss, Let us Read, Let Us Write, Let us Observe, Let us Try, Let us Work, Let sing A Song, Let us Think and Let Working us together with parents. The beginning of each sub-theme, there is a sheet for parents entitled Learning at Home. This page contains the material to be studied, the learning activities conducted with parents of children in rmah, as well as advice for children and parents can learn from the environment. Parents are expected to discuss and engage in learning activities of students. Suggestions for joint activities between students and parents may also be entered at the end of each lesson. Based on the analysis of learning on the theme reflects my ideals inquiry-based learning model. Learning on the theme of the beauty of diversity in the country reflects the project-based learning model. Learning on the theme of my neighborhood reflect the problem-based learning model. While on the theme of learning reflects rich country problem-based learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6746

Actions (login required)

View Item View Item