Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS materi denah dan peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Bhisma Gangga Siwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS materi denah dan peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Bhisma Gangga Siwi

Siwi, Bhisma Gangga (2018) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS materi denah dan peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Bhisma Gangga Siwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siwi Bhisma Gangga. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPS Materi Denah Dan Peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. Kata Kunci Peningkatan Aktivitas Belajar Prestasi Belajar Model Numbered Heads Together (NHT) IPS SD Kecakapan guru dan strategi pembelajaran penting dalam proses pembelajaran. Adakalanya siswa lebih mudah menerima informasi yang disampaikan oleh temannya dari pada yang di sampaikan oleh gurunya. Berdasarkan hasil observasi di SDN 02 Gedog Kulon ditemukan bahwa pada pembelajaran siswa hanya duduk diam mendengarkan penjelasan guru ada sebagian siswa yang berbicara sendiri dengan teman sebangkunya sehingga saat diberi pertanyaan tidak menjawab karena tidak memperhatikan guru saat menjawab pertanyaan hanya beberapa siswa yang mendominasi. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan menggunakan 2 siklus setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar kerja kelompok lembar tes dan lembar penilaian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan di Kelas III SDN 02 Gedog Kulon Kabupaten Malang. Penerapan model Numbered Heads Together berdasakan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil aktivitas guru pada siklus I mencapai 85% aktivitas siswa 73%. Pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 100% aktivitas siswa 87%. Sementara itu hasil belajar siswa pada tahap pratindakan ketuntasan klasikal hanya mencapai 25% dengan nilai rata-rata kelas 58 54. Pada siklus I nilai akhir siswa meningkat terbukti dari prosentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 39 5% dengan rata-rata kelas 63 55. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yaitu prosentase ketuntasan klasikal mencapai 83 5% dengan rata-rata kelas 75.25. Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS materi denah dan peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together agar dalam proses pembelajaran semua siswa dapat aktif dan tidak ada siswa yang mendominasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6745

Actions (login required)

View Item View Item