Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa subtema 3 melestarikan peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang / Friska Atikha Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa subtema 3 melestarikan peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang / Friska Atikha Wulandari

Wulandari, Friska Atikha (2018) Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa subtema 3 melestarikan peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang / Friska Atikha Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Friska Atikha. 2017. Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Subtema 3 Melestarikan Peninggalan Kerajaan-Kerajaan Islam Di Indonesia Kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran mind mapping aktivitas belajar siswa hasil belajar siswa Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa pada kelas VB SDN Blimbing 1 Kota Malang. Hal tersebut dibuktikan dari rendahnya nilai yang didapatkan siswa. hasil yang didapatkan berdasarkan observasi yang dilakukan pada aspek kognitif ada 15 siswa aspek afektif ada 17 siswa aspek psikomotor ada 11 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Berangkat dari masalah yang ada peneliti akan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran mind mapping dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran mind mapping pada subtema 3 melestarikan peninggalan kerajaan-kerajaan islam di Indonesia kelas VB SDN Blimbing 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kemudian jenis penilitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian Arikunto yang terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus dilaksankan dengan tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VB SDN Blimbing 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti bertindak senagai guru dan guru kelas bertindak sebagai observer dengan teman sejawat. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74% dan meningkat pada siklus 2 sebesar 90%. Nilai hasil belajar siswa pada pra tindakan aspek kognitif sebesar 42% aspek afektif sebesar 47% aspek psikomotor sebesar 31%. Setelah melaksanakan siklus I meningkat pada aspek kognitif sebesar 83% aspek afektif sebesar 42% aspek psikomotor sebesar 47%. Pada siklus II meningkat pada aspek kognitif sebesar 97% aspek afektif sebesar 88% aspek psikomotor sebesar 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping pada subtema 3 Melestarikan Peninggalan Kerajaanii kerajaan Islam di Indonesia sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rancangan langkah-langkah model pembelajaran mind mapping. Pada aktivitas dan hasil belajar yang didapatkan siswa juga meningkat dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Saran untuk pembelajaran selanjutnya jika menggunakan model pembelajaran mind mapping guru bisa lebih meningkatkan kerja sama saat siswa melaksanakan kegiatan berkelompok agar lebih maksimal dan juga guru harus bisa menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak bosan dan pasif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6744

Actions (login required)

View Item View Item