Hubungan jenis kelamin dengan hasil belajar siswa kelas V SD di Gugus III Wagir Kabupaten Malang / Yulianita Rizki Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan jenis kelamin dengan hasil belajar siswa kelas V SD di Gugus III Wagir Kabupaten Malang / Yulianita Rizki Damayanti

Damayanti, Yulianita Rizki (2017) Hubungan jenis kelamin dengan hasil belajar siswa kelas V SD di Gugus III Wagir Kabupaten Malang / Yulianita Rizki Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Yulianita Rizki. 2016. Hubungan Jenis kelamin dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Gugus III Wagir Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd. (II) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hasil belajar jenis kelamin Sekolah Dasar. Perbedaan jenis kelamin siswa merupakan salah satu ciri fisik yang tampak jelas dan nyata. Namun perbedaan dalam hal kecerdasan dan pencapaian akademis terkait gender masih menjadi perdebatan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar siswa. Beberapa tokoh psikologi pendidikan berpendapat bahwa perbedaan perilaku dan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan lebih banyak didasarkan pada keyakinan budaya daripada keniscayaan biologis. Secara teoritis ada tiga faktor penting yang mempengaruhi perbedaan perilaku tersebut yaitu faktor biologis faktor sosial dan faktor kognitif. Beberapa studi terhadap nilai sekolah menemukan bahwa siswa perempuan lebih unggul daripada siswa lakilaki hingga Sekolah Menengah. Penelitian kuantitatif ini termasuk jenis penelitian ex post facto yang dilakukan terhadap dokumen rapot 140 siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus III Kecamatan Wagir Kabupaten Malang pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan komposisi yang seimbang antara siswa laki-laki dengan perempuan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus statistik point-biserial. Koefisien korelasi point-biserial (rpbis) untuk siswa laki-laki dan perempuan yang lebih besar dari nilai r tabel menjadi dasar pengujian hipotesis dari penolakan H0 dan penerimaan Ha. Disajikan pula gambaran kurva normal yang menunjukkan daerah penolakan H0 dan penerimaan Ha tersebut. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus III Kecamatan Wagir Kabupaten Malang dengan kecenderungan hasil belajar siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6742

Actions (login required)

View Item View Item