Pengembangan media interaktif IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V di SDN Glanggang 1 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Iswara Widya Dani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V di SDN Glanggang 1 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Iswara Widya Dani

Dani, Iswara Widya (2017) Pengembangan media interaktif IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V di SDN Glanggang 1 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Iswara Widya Dani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dani Iswara Widya. 2015. Pengembangan Media Interaktif materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di SDN Glanggang 01 kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy. S.Pd. M.Pd (II) Drs. Syaiful Imam S.Pd. M.Pd Kata kunci pengembangan media interaktif materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Glanggang 01 kecamatan Pakisaji kabupaten Malang diperoleh temuan bahwa dalam memfasilitaskan materi kepada siswa guru mengkomunikasikan materi dengan cara ceramah dan hanya berpedoman pada buku pegangan saja. Guru jarang mengajak siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu pemanfaatan media-media sederhana yang dapat menarik perhatian siswa dan mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sangat jarang digunakan. Berdasarkan hasil temuan observasi tersebut perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dapat mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna menarik perhatian siswa dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media interaktif untuk mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia kelas V di SDN Glanggang 01 kecamatan Pakisaji kabupaten Malang yang layak menurut tenaga ahli materi ahli media pengguna (guru) dan pengguna (siswa). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick Carey (dalam Setyosari 2015 288). Berdasarkan tahap uji formatif oleh ahli materi produk mendapatkan persentase 91 67%. Uji formatif oleh ahli media produk mendapatkan persentase 92 28%. Uji formatif oleh pengguna (guru) produk mendapatkan persentase 95%. Uji coba perorangan (3 siswa) produk mendapatkan persentase 97 62%. Uji coba kelompok kecil (9 siswa) produk mendapatkan persentase 95 37%. Perbedaan hasil belajar pre-tes dan pos-ttes ketika uji coba perorangan dan kelompok kecil menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat 26 67% dan 24 55%. Berdasarkan persentase penilaian uji formatif dan uji coba media interaktif mendapat kriteria layak sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai 90 08% media interaktif sangat efektif digunakan pada pembelajaran dengan kelas sesungguhnya. Media pembelajaran interaktif digunakan oleh guru sebagai media alternatif untuk membantu siswa memahami materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Disarankan untuk pengembang lain untuk melakukan ujicoba hingga tahap evaluasi sumatif memperhatikan kualitas suara dan animasi yang lebih menarik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6741

Actions (login required)

View Item View Item