Hubungan media pembelajaran power point dengan hasil belajar siswa kelas IV SD se Gugus 3 Kedungkandang di Kota Malang / Piter Sutrisno - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan media pembelajaran power point dengan hasil belajar siswa kelas IV SD se Gugus 3 Kedungkandang di Kota Malang / Piter Sutrisno

Sutrisno, Piter (2017) Hubungan media pembelajaran power point dengan hasil belajar siswa kelas IV SD se Gugus 3 Kedungkandang di Kota Malang / Piter Sutrisno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sutrisno Piter. 2017. Hubungan Media Pembelajaran Power Point dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Segugus 3 Kedungkandang di Kota Malang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Marsudi S.Pd M. Pd. (II) Drs. H. Suhartono S.Pd M. Pd. Kata Kunci media pembelajaran power point ex post facto hasil belajar. Dalam kurikulum 2013 penggunaan media pembelajaran perlu diterapkan. Hal ini untuk menghindari guru menggunakan metode ceramah dan pembelajaran bersifat konvensional. Media pembelajaran dapat dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar lebih leluasa kapankun dan dimanapun. Salah satunya yaitu pemanfaatan media pembelajaran power point yang berada di sekolah. Rumusan masalah yaitu memaparkan (1) adakah hubungan media pembelajaran menggunakan power point dengan hasil belajar siswa kelas IV SD segugus 3 Kedungkandang di Kota Malang (2) bagaimana pelaksanaan media pembelajaran menggunakan power point pada siswa kelas IV segugus 3 Kedungkandang di Kota Malang (3) bagaimana hubungan antara penggunaan media power point dengan hasil belajar siswa kelas IV segugus 3 Kedungkandang di Kota Malang. Penelitian ini dugunakan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran powerpoint dengan hasil belajar siswa kelas IV SD segugus 3 Kedungkandang di Kota Malang. Skripsi ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran power point sedangkan variabel terikatnya (Y) yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai rapor semester I tahun sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD segugus 3 Kedungkandang di Kota Malang berjumlah 116 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 89 siswa. Metode pengambilan data menggunakan wawancara dan angket tertutup dengan skala likert. Instrumen yang digunakan adalah angket kuisioner untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran power point. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif korelasional. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t komparasi independen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran power point dengan hasil belajar siswa kelas IV SD segugus 3 Kedungkandang di Kota Malang semester I. Hal ini ditunjukkan dengan nilai 65533 8462 65533 65533 65533 65533 65533 65533 65533 65533 65533 65533 65533 yaitu 1 109 0 1824 yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan penggunaan media pembelajaran power point berpengaruh positif dengan hasil belajar siswa kelas IV SD segugus 3 Kedungkandang Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6740

Actions (login required)

View Item View Item