Penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa kelas III SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Yoga Ade Putra Martina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa kelas III SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Yoga Ade Putra Martina

Martina, Yoga Ade Putra (2017) Penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa kelas III SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Yoga Ade Putra Martina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Martina Yoga Ade Putra. 2017. Penerapan Strategi Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Aktivitas Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN Madyopuro 1 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M. Pd (II) Dra. Murtiningsih M. Pd. Kata Kunci strategi PQ4R peningkatan aktivitas membaca pemahaman Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas III SDN Madyopuro 1 Kota Malang ditemukan permasalahan dalam memahami sebuah teks bacaan. Dibuktikan dengan masih bingung dalam menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan dengan teks yang sudah dibaca. Berdasarkan hasil tes awal (pra-tes) pada tahap pratindakan terdapat 22 siswa yang belum tuntas dari 40 siswa. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman makanya diperlukan adanya tindakan yang mendukung. Salah satunya adalah meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi PQ4R dalam aktivitas membaca pemahaman dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas membaca pemahaman siswa menggunakan strategi PQ4R. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua putaran atau siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi penilaian aktivitas dan penilaian hasil. Hasil penilaian menunjukkan bahwa penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa. Persentase hasil aktivitas membaca pemahaman siswa menggunakan strategi PQ4R pada siklus I sebesar 37% sedangkan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 77%. Sedangkan hasil belajar siswa dalam aktivitas membaca pemahaman menggunakan strategi PQ4R pada tahap pra tindakan sebesar 45% meningkat menjadi 47% pada siklus I. Kemudian meningkat lagi menjadi 57% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R dalam aktivitas membaca pemahaman siswa kelas III SDN Madyopuro 1 Kota Malang dapat meningkatkan aktivitas membaca siswa dan hasil belajar siswa. Selain itu juga menambah pengetahuan guru tentang berbagai macam strategi sehingga pembelajaran tidak monoton. Disarankan guru untuk menerapkan strategi PQ4R ketika membaca pemahaman agar pengetahuan siswa semakin luas semakin banyak informasi yang diperoleh tentunya bisa menjawab pertanyaan dengan benar dari teks bacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6739

Actions (login required)

View Item View Item