Penerapan model problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Sokarami Paseser II Nonggunung Madura / Silsilatil Faidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Sokarami Paseser II Nonggunung Madura / Silsilatil Faidah

Faidah, Silsilatil (2017) Penerapan model problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Sokarami Paseser II Nonggunung Madura / Silsilatil Faidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faidah Silsilatil. 2015. Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA SDN Sokarami Paseser II Nonggunung Madura. Skripsi Prodi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd M. Pd Kata Kunci PROBLEM SOLVING Aktivitas Hasil Belajar IPA SD Pembelajaran yang kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat langsung mengakibatkan aktivitas belajar siswa cenderung pasif dan berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai SKM yang ditetapkan yaitu 65. Oleh karena itu diperlukan tindakan untuk mengatasinya dengan menerapkan model problem solving. Model ini dipilih karena memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pokok pencegahan kerusakan daratan di kelas IV SDN Sokarami Paseser II Madura (2) peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model problem solving pada pembelajaran IPA serta (3) meningkatakan hasil belajar IPA melalui penerapan model problem solving pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang dengan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sokarami Paseser II yang berjumlah 12 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data mereduksi data menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar terlihat dari nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I 69.79 menjadi 79.16 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 72 95 menjadi 85 62 pada siklus II. Penerapan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pokok pencegahan kerusakan daratan dapat diterapkan dengan baik. Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sokarami Paseser II Nonggunung Madura. Saran bedasarkan hasil penelitian ini yaitu bagi guru dan peneliti selanjutnya jika menerapkapkan atau mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model problem solving sebaiknya memperhatikan kesesuaian materi keluasan materi pembelajaran alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6738

Actions (login required)

View Item View Item