Decaprio, Rio (2017) Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Mangliawan 2 Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang / Rio Decaprio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rio Decaprio. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN MAANGLIAWAN 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Maalang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kepedidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Muchtar S.Pd .M.Si. (2) Siti Umayaroh M.Pd. Kata Kunci Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN MAANGLIAWAN 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Maalang Pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap. Dari hasil observasi menyatakan bahwa guru masih belum maksimal dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Model yang telah digunakan oleh guru juga belum mampu dalam membantu siswa belajar secara maksimal. Hasil yang ditemukan dalam observasi yaitu dari 44 siswa yang ada dikelas V terdapat 14 siswa yang masih cenderung pasif selama pelaksanaan pembelajaran yang sedang berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 3 meliputi Bagaimanakah penerapan Picture and Picture pada pembelajaran ekosistem pada siswa kelas IV bagaimanakah aktivitas siswa saat pembelajaran dilaksanakan dengan Picture and Picture dan bagaimanakah hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan yaitu model MC Taggart yang dilaksanakan secara bersiklus. Pada tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek penelitian ini yakni 44 siswa SDN Lesanpuro 1 Kota Malang. Analisis data penelitian ini menggunakan 3 tahapan yakni reduksi data penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase keberhasilan guru menerapkan model Picture and Picture 86%. Nilai rata-rata pada siklus I mencapai 68 meningkat menjadi 80 pada siklus II. Ketuntasan kelas dengan model Picture and Picture sebanyak 32% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 86%. Penelitian dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan Picture and Picture dapat meningkatkan pembelajaran ekosistem subtema komponen ekosistem pada siswa kelas IV SDN Maangliawan 2 Kecaamatan Pakis Kabupaten Malang. Saran dari penulis agar dalam pembelajaran guru sebaiknya mengunakan model Picture and Picture dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran agar siswa lebih tertarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |