Peningkatan pemahaman permasalahan sosial di lingkungan setempat dengan model examples non examples pada siswa kelas IV SDN Jegu 02 Kabupaten Blitar / Janjang Surya Pungki Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman permasalahan sosial di lingkungan setempat dengan model examples non examples pada siswa kelas IV SDN Jegu 02 Kabupaten Blitar / Janjang Surya Pungki Nugraha

Nugraha, Janjang Surya Pungki (2017) Peningkatan pemahaman permasalahan sosial di lingkungan setempat dengan model examples non examples pada siswa kelas IV SDN Jegu 02 Kabupaten Blitar / Janjang Surya Pungki Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK ] Nugraha Janjang Surya Pungki. 2017. Peningkatan Pemahaman Permasalahan Sosial Di Lingkungan Setempat Dengan Model Exampels Non Examples Pada Siswa Kelas IV SDN Jegu 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suwarti S.Pd. M.Pd (2) Prof. Dr.H.M.Zainuddin M.Pd Kata kunci Pemahaman permasalahan sosial model examples non examples Hasil observasi awal pada pembelajaran IPS pada bab permasalahan sosial di kelas IV SDN Jegu 02 Kabupaten Blitar diketahui (1) pembelajaran berlangsung kurang menyenangkan karena guru menggunakan model konvensional (2) siswa kurang aktif dan bersemangat. Hal tersebut mengakibatkan hanya 5 dari 12 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dan sisanya 7 siswa dibawah KKM. Cara yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui penggunaan model Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Examples Non Examples dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS bab Permasalahan Sosial. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jegu 02 Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data melalui tahapan reduksi data menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Examples Non Examples dapat dikatakan berhasil. Pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Hal ini berpengaruh pada aktifitas siswa dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Aktifitas siswa pada siklus I mencapai 75% dengan kategori cukup pada siklus II mengalami peningkatan hingga 100% dengan kategori sangat baik. Selain aktifitas siswa hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada pratindakan mencapai 41 6% dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 76% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 82% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS bab Permasalahan Sosial dengan menggunakan model Examples Non Examples pada kelas IV SDN Jegu 02 Kabupaten Blitar dapat meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar menggunakan model Examples Non Examples dalam pembelajaran IPS agar hasilnya lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item View Item