Penerapan model role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswakelas III SDN Kenongo 2 Sidoarjo / Dian Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswakelas III SDN Kenongo 2 Sidoarjo / Dian Ratnasari

Ratnasari, Dian (2017) Penerapan model role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswakelas III SDN Kenongo 2 Sidoarjo / Dian Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnasari Dian. 2015. Penerapan Model Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Kenongo 2 Sidoarjo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sjafruddin A.R S.Pd. M.Pd (2) Drs. Rumidjan M.Pd. Kata kunci keterampilan berbicara role playing kelas III Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atas kata-kata untuk mengekspresikan menyatakan serta menyampaikan pikiran gagasan dan perasaan sebagai bentuk atau wujudnya. Berdasarkan hasil data yang peneliti peroleh pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Kenongo 2 Sidoarjo terlihat bahwa siswa belum terampil berbicara menggunakan Bahasa Indonesia. Selain itu hasil anekdot juga menunjukkan bahwa hanya 5 dari 28 siswa yang memiliki keterampilan berbicara di atas KKM yaitu 75. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model role playing pada siswa kelas III SDN Kenongo 2 Sidoarjo serta (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas kelas III SDN Kenongo 2 Sidoarjo melalui penerapan model role playing. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang akan diterapkan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa. pada siklus I mencapai nilai rata-rata 63 93 dengan presentase keberhasilan 35 71%. Sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78 21 dengan presentase keberhasilan 89 29%. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN Kenongo 2 mengalami peningkatan setelah menggunakan model role playing. Siswa diharapkan dapat terus meningkatkan keterampilannya dalam aspek berbicara guru dapat menggunakan alternatif model pembelajaran lain namun yang lebih efektif adalah model role playing saat pembelajaran bahasa Indonesia dalam aspek berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6734

Actions (login required)

View Item View Item