Pengembangan media scrapbook tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman kelas IV SDN Bareng 05 Kecamatan Klojen Kota Malang / Ayu Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media scrapbook tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman kelas IV SDN Bareng 05 Kecamatan Klojen Kota Malang / Ayu Lestari

Lestari, Ayu (2017) Pengembangan media scrapbook tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman kelas IV SDN Bareng 05 Kecamatan Klojen Kota Malang / Ayu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Ayu. 2017. Pengembangan Media Scrapbook Tema 1 Indahnya kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SDN Bareng 05 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Scrapbook Pengembangan media Kebersamaan Dalam Keberagaman Sekolah Dasar Belajar merupakan suatu kegiatan yang terjadi karena adanya interaksi antara subjek belajar dan objek belajar. Dimana proses belajar ini tidak pernah terlepas dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Melalui kegiatan belajar ini manusia dapat menambah wawasan dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Belajar memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan pembelajaran karena suatu proses belajar dapat dihasilkan dari pembelajaran yang bermakna dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa Media mempunyai peranan penting dalam pembelajaran dengan adanya media dapat menjelaskan hal-hal yang abstrak dalam pembelajaran menjadi lebih kongkrit dapat mewakili guru sebagai alat berkomunikasi membantu siswa memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hasil studi lapangan di SDN Bareng 05 Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran pembelajaran di kelas IV guru kesulitan dalam menjelaskan tentang proses bunyi kurangnya media penunjang di kelas serta kurangnya contoh gambar yang ada pada buku siswa sehingga dibutuhkan media yang dapat menunjang pembelajaran pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian pengembanganscrapbook ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Langkah-langkah penelitian ini antara lain analisis kebutuhan analisis pembelajaran analisis siswa dan konteks memilih dan menentukan KD yang sesuai dengan tema dan subtema merumuskan indikator capain kompetensi mengembangkan produk mengembangkan instrumen merancang dan melakukan evaluasi formatif melakukan revisi produk berdasarkan evaluasi formatif dan produk akhir. Berdasarkan evaluasi formatif kepada ahli media pembelajaran diperoleh persentase nilai 75%. Dari ahli materi pembelajaran diperoleh persentase nilai 90%. Evaluasi formatif kepadapengguna (Guru) diperoleh persentase nilai 97 5%. Dari uji coba siswa diperoleh persentase nilai 97%. Uji lapangan pada siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil pretes dan postes. Berdasarkan persentase penilaian pada ahli dan uji coba pada siswascrapbook sangat menarik dan dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok kecil maupun pembelajaran mandiri. Scrapbookini dapat dijadikan sebagai media penunjang dalam pembelajaran untuk kelas IV. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan menyempurnakanscrapbookdenganmemperbanyakkegiatan belajar siswa dengan menggunakan media scrapbook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6732

Actions (login required)

View Item View Item