Pengembangan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas III SDN Mangliawan 2 Kabupaten Malang / Adi Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas III SDN Mangliawan 2 Kabupaten Malang / Adi Gunawan

Gunawan, Adi (2017) Pengembangan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas III SDN Mangliawan 2 Kabupaten Malang / Adi Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gunawan Adi 2017.Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Pada Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi kelas IVA SDN Mangliawan II Kabupaten Malang .Pembimbing I. Drs.H. Sjafruddin. M.Pd Pembimbing II. Dra. Murtiningsih. M.Pd. Kata Kunci Media buku bergambar Pengembangan Media pembelajaran buku bergambar Bahasa Indonesia materi menulis puisi Berdasarkan perolehan hasil nilai ulangan umum semester I pada tahun 2017/2016 dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IVA SDN Mangliawan II adalah 65 76 sedangkan KKM yang harus di capai adalah 70. Oleh karena itu untuk peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas IVA SDN Mangliawan II menggunakan media buku bergambar. Tujuan masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas IVA SDN Mangliawan II Kabupaten Malang Bagaimanakah kemenarikan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas IVA SDN Mangliawan II Kabupaten Malang Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas IVA SDN Mangliawan II Kabupaten Malang kesimpulan dari penelitian yang telah di lakukan maka dapat di ketahui media buku bergambar layak dan efektif di gunakan untuk kegiatan pembelajaran. Media dinyatakan layak dan efektif di gunakan untuk kegiatan pembalajaran. Media di nyatakan layak berdasarkan capaian evaluasi formatif yang di peroleh dari ahli media ( 83 75% ) ahli materi ( 92 5% ) ahli pengguna ( 92 5% ). Media dinyatakan efektif berdasarkan Capaian hasil presentase instrumen tinjauan siswa ( 95 5% ) yang dapat di perkuat dari pembejaran 3 4 5 dan 5 yang masing- masing dan rata- rata kelasnya 44 4 48 75 dan 31 25 meningkat menjadi 81 25 78 75 dan 76 24. Sarannya dalam penggunaan produk media dapat dimanfaatkan untuk kegiatan seperti remedial atau pengayaan dapat di gunakan untuk materi pembelajaran lainya seperti media gambar seri media peta budaya malang dan sebagainya.Hasil penelitian ini juga dapat di manfaatkan sebagai masukan untuk penelitian pengembangan media berbasis media kartu bergambar contohnya kartu berwarna dan lain- lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6731

Actions (login required)

View Item View Item