Anggiana, Agnes Dwi (2017) Analisis teks sastra dalam buku siswa kelas III SD semester 1 berdasarkan kriteria SMOG dan PIRLS / Agnes Dwi Anggiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agnes Anggiana Dwi. 2017. Analisis Teks Sastra Dalam Buku Siswa Kelas III SD Semester 1 Berdasarkan Kriteria SMOG Dan PIRLS. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dimyati S.Pd . M.Pd. (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata kunci Teks Sastra SMOG PIRLS Penilitian ini dilatar belakangi oleh ketidaksesuaian bacaan dan pertanyaan yang ditemukan peneliti pada buku siswa kelas III tema 1 subtema 3 dengan kriteria SMOG dan PIRLS. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimanakah kesesuaian tingkat keterbacaan teks sastra pada buku siswa kelas III ditinjau dari kriteria SMOG (2) bagaimanakah kesesuaian tingkat pertanyaan teks sastra pada buku siswa kelas III ditinjau kriteria PIRLS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesesuaian teks sastra pada buku siswa kelas III ditinjau dari kriteria SMOG (2) mendeskripsikan kesesuaian pertanyaan teks sastra pada buku siswa kelas III ditinjau kriteria PIRLS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci tentang kesesuaian teks sastra dalam buku siswa kelas III semester 1 dengan kriteria SMOG dan PIRLS. Sumber data yang dianalisis yaitu teks sastra dalam buku siswa kelas III semester 1. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti untuk menyaring data ada dua macam yaitu instrumen utama dan instrumen tambahan. Hasil penelitian dari 20 teks sastra yang tercantum dalam buku siswa kelas III SD semester 1 yang telah dianalisis menggunakan kriteria SMOG menunjukkan terdapat 5 teks sastra yang sesuai dengan tingkat keterbacaan untuk siswa kelas III SD. 15 teks sastra lainnya tidak sesuai dengan tingkat keterbacaan untuk siswa kelas III SD. Dari 21 teks sastra terdapat 8 teks yang memiliki pertanyaan bacaan. Dari 8 teks sastra yang memiliki pertanyaan bacaan yang telah dianalisis menggunakan kriteria PIRLS menunjukkan ke 8 teks tidak sesuai dengan kriteria PIRLS. Kesimpulan dari 20 teks satra menunjukkan teks sastra yang sesuai dengan kriteria SMOG untuk kelas III SD (usia 9 tahun) mencapai 25 % teks sastra yang tidak dapat dianalisis menggunakan kriteria SMOG mencapai 20 % dan teks sastra yang tidak sesuai untuk kelas III SD (usia 9 tahun) mencapai 55 %. Dari 8 teks sastra tersebut menunjukkan tingkat kesesuaian pertanyaan teks sastra berdasarkan kriteria PIRLS mencapai 0%. Saran penelitian ini tertuju bagi (1) Guru sebaiknya lebih kreatif dalam memilih teks (2) Penulis buku hendaknya lebih memperhatikan tingkat keterbacaan teks sastra berdasarkan kriteria SMOG dan PIRLS (3) Peneliti lainnya dapat dilakukan penelitian untuk buku siswa kelas I II IV dan V untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang terdapat dalam buku siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6730 |
Actions (login required)
View Item |