Pengembangan augmented reality video pada modul pembelajaran Teater Nusantara untuk siswa kelas 8 SMPN Wonotirto 2 Blitar / Toga Sib'ro Malisi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan augmented reality video pada modul pembelajaran Teater Nusantara untuk siswa kelas 8 SMPN Wonotirto 2 Blitar / Toga Sib'ro Malisi

Malisi, Toga Sib'ro (2017) Pengembangan augmented reality video pada modul pembelajaran Teater Nusantara untuk siswa kelas 8 SMPN Wonotirto 2 Blitar / Toga Sib'ro Malisi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Malisi Toga.S. 2017. Pengembangan Augmented Reality Video Pada Modul Pembelajaran Teater Nusantara Untuk Siswa Kelas 8 SMPN Wonotirto 2 Blitar. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Saida Ulfa S.T M.Edu. Ph.D (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata kunci Augmented Reality Video Teater Nusantara Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan. Augmented Reality merupakan salah satu inovasi yang bisa digunakan untuk media pembelajaran dan digunakan dengan bantuan smartphone. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality dalam bidang pendidikan menawarkan pengalaman belajar yang baru dan menarik karena obyek virtual yang dihadirkan oleh Augmented Reality mampu berinteraksi langsung dengan pengguna sehingga pengguna lebih tertarik dalam belajar. Untuk itu diperlukan suatu tambahan (suplemen) pembelajaran yang bisa menarik minat belajar siswa. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan mengenai suplemen dengan teknologi Augmented Reality. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan produk suplemen Augmented Reality video pada modul pembelajaran teater nusantara untuk siswa kelas 8 SMPN Wonotirto 2 Blitar yang valid dan layak digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lee dan Owens (2004). Penggunaan model ini didasari alasan bahwa model pengembangan ini memiliki langkah yang lengkap. Pada model ini terdapat beberapa analisis yaitu (1) analisis kebutuhan (2) analisis awal hingga akhir yang terdapat 10 analisis (3) desain (4) pengembangan (5) pelaksanaan (6) penilaian. Hasil pengembangan media ini divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diujicobakan kepada 20 siswa dengan hasil validasi ahli media 98 75% dinyatakan valid validasi ahli materi 92 5% dinyatakan valid dan hasil uji coba pada 20 siswa 92 44% dinyatakan valid. Dengan demikian media Augmented Reality video pada modul pembelajaran teater nusantara untuk siswa kelas 8 SMPN Wonotirto 2 Blitar ini layak digunakan sebagai suplemen dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran seni budaya adalah pada pembelajaran selanjutnya dapat menggunakan media ini sehingga siswa memperoleh sumber belajar yang menarik. Bagi pengembang selanjutnya produk yang dikembangkan hendaknya disesuaikan dengan sasaran yang ingin dituju. Tampilan dan format materi yang disajikan dibuat lebih baik lagi sehingga produk yang dihasilkan lebih jelas serta menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item