Pengembangan media cd flash interaktif subtema Bumi Bagian dari Alam Semesta kelas III Sekolah Dasar / Fika Diah Ayu Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media cd flash interaktif subtema Bumi Bagian dari Alam Semesta kelas III Sekolah Dasar / Fika Diah Ayu Puspita

Puspita, Fika Diah Ayu (2017) Pengembangan media cd flash interaktif subtema Bumi Bagian dari Alam Semesta kelas III Sekolah Dasar / Fika Diah Ayu Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Fika Diah Ayu. 2017. Pengembangan Media CD Flash Interaktif Subtema Bumi Bagian dari Alam Semesta Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M.Pd. (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd Kata Kunci Media CD Flash Interaktif Bumi Bagian dari Alam Semesta Sekolah Dasar Berdasarkan wawancara pada wali kelas III SDN Bareng 3 Kota Malang ditemukan bahwa kurangnya media pada pelaksanaan pembelajaran dan kurang menariknya media pembelajaran yang sudah ada. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu usaha dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media CD Flash Interaktif Tema 8 Bumi dan Alam Semesta subtema 1 yaitu Bumi Bagian dari Alam Semesta pembelajaran 1 2 dan 3 untuk kelas III yang telah ditinjau atau dievaluasi oleh ahli media ahli materi dan pengguna yaitu guru dan siswa serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan media CD Flash Interaktif ditinjau dari hasil pre test dan post test yang dikerjakan oleh siswa kelas IIIA SDN Bareng 3 Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development(R D) dengan mengacu kepada model prosedural yang diadaptasi dari model penelitian Dick Carey. Pengembangan media CD Flash Interaktif ini dilakukan melalui sembilan tahap. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa angket dan wawancara tidak terstruktur. Hasil produk berupa media CD Flash Interaktif yang valid menurut pengguna yaitu persentase skor sebesar 97% dari ahli media persentase skor sebesar 91% dari ahli materi persentase skor sebesar 87% dari pengguna yaitu guru persentase skor sebesar 97% dari pengguna yaitu siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari ahli media ahli materi dan pengguna yaitu guru dan siswa media CD Flash Interaktif termasuk ke dalam kategori media yang sangat valid dan dapat dipergunakan. Hal tersebut diperkuat dengan perolehan nilai pre test sebelum penggunaan media dan post test setelah penggunaan media. Perolehan nilai pre test dapat disimpulkan persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM hanya sebesar 4 34%. Sedangkan dari perolehan nilai post test dapat disimpulkan bahwa sebesar 100% atau seluruh siswa telah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6729

Actions (login required)

View Item View Item