Peningkatan pembelajaran IPA melalui model STAD pada siswa kelas V semester 2 SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan / Titi Rizki Adipalupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA melalui model STAD pada siswa kelas V semester 2 SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan / Titi Rizki Adipalupi

Adipalupi, Titi Rizki (2017) Peningkatan pembelajaran IPA melalui model STAD pada siswa kelas V semester 2 SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan / Titi Rizki Adipalupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adipalupi Titi Rizki. 2017. Peningkatan Pembelajaran IPA melalui Model STAD pada Siswa Kelas V Semester 2 SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. Kata kunci Pembelajaran IPA Model STAD Sekolah Dasar Berdasarkan observasi awal pada tanggal 3 Desember 2016 terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan kurangnya respon siswa siswa mudah kehilangan konsentrasi siswa kurang aktif dalam mengemukakan pendapat serta guru cenderung menggunakan metode ceramah. Beberapa hasil observasi tersebut didukung oleh nilai hasil belajar siswa. Hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 84 61% yakni 11 dari 13 siswa belum mencapai KKM sebesar 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan model STAD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Dalam hal ini peneliti dan siswa sebagai instrumen utama. Data penelitian berupa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model STAD aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni observasi dokumentasi dan tes berupa soal evaluasi. Hasil penelitian penerapan model STAD pada siklus I hingga siklus II meningkat dari 72 22% menjadi 100%. Maka model STAD dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran IPA. Aktivitas siswa diperoleh rata-rata pada siklus I pertemuan 1 yakni 74 23 meningkat menjadi 85 76 pada siklus II pertemuan 2. Maka aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi lebih aktif dalam pembelajaran IPA siswa lebih aktif dalam kegiatan mencoba mengamati bekerja kelompok dan mengemukakan pendapat. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pratindakan rata-rata sebesar 58 85 meningkat menjadi 90 23 pada siklus II pertemuan 2. Maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya menjadi lebih baik dan mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPA kelas V semester 2 SDN Lombang Dajah 3 dengan menggunakan model STAD dapat diterapkan dengan baik meningkatkan aktivitas siswa pada saat pembelajaran dan hasil belajar siswa. Peneliti memberi saran (1) hendaknya model ini diterapkan pada pembelajaran IPA dengan materi yang berbeda. Karena model ini sangat membantu siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari. (2) hendaknya kepala sekolah mendorong dan memfasilitasi para guru untuk menerapkan model STAD ini pada pembelajaran IPA di jenjang kelas yang berbeda. Penerapan tersebut tentunya tidak hanya pada pembelajaran IPA saja tetapi pada pembelajaran di mata pelajaran lainnya. ABSTRACT Adipalupi Titi Rizki. 2017. Improved Learning Science Through STAD Model in Class V Semester 2 SDN Lombang Dajah 3 Blega Subdistrict Bangkalan. Thesis Department of Elementary School and Preschool Teacher Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. Keywords Learning Science STAD Model Primary School Based on preliminary observation on December 3 2016 there are some problems found lack of student response students easily lose concentration students are less active in expressing opinions and teachers tend to use lecture methods. Some of the results of these observations are supported by the value of student learning outcomes. The results of the study showed that as many as 84.61% in 11 out of 13 students have not reached KKM amounted to 75. To overcome these problems used STAD model. The type of research used in this study is classroom action research used is the stage of planning implementation observation reflection. In this case researchers and students as the main instrument. The research data in the form of implementation of learning by implementing STAD model student activities and student learning outcomes. Data collection techniques used by researchers such as observation documentation and tests in the form of evaluation questions. STAD model application research results in the first cycle to the second cycle increased from 72.22% to 100%. So STAD model can be applied well in learning science. Student activity is obtained on average in the first cycle of meeting 1 that is 74 23 increased to 85 76 in cycle II of meeting 2. So student activity has increased become more active in science learning the student more active in activity try observe work for group And express opinions. While student learning outcomes have increased from the pre-activities average of 58.85 increased to 90.23 in the second cycle of meeting 2. So the results of student learning have increased each cycle to be better and achieve the KKM that has been established by the school. Classroom action research in science subjects 2nd-semester class V SDN Lombang Dajah 3 using STAD model can be applied to both increase the activity of students during the learning and student learning outcomes. Researchers advise (1) this model should be applied to science learning with different materials. Because this model is very helpful for students in understanding the material being studied. (2) the principal should encourage and facilitate the teachers to implement this STAD model on learning science in different class levels. The application is certainly not only on science but also on learning in other subjects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6720

Actions (login required)

View Item View Item