Yunita, Sinthya (2017) Peran Sumber Belajar Transformer Center diu SMA Selamat Pagi Indonesia dalam poengembangan minat kewirausahaan siswa / Sinthya Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yunita Sinthya. 2017. Peran Sumber Belajar Transformer Center di SMA Selamat Pagi Indonesia dalam Pengembangan Minat Kewirausahaan Siswa. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono M.Pd. Kata Kunci sumber belajar transformer center minat kewirausahaan Sumber belajar dipilih sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Lingkungan/latar merupakan salah satu sumber belajar dengan tujuan pembelajaran untuk membuat siswa mempraktikkan apa yang telah siswa pelajari di dalam kelas dan juga menambah skill/keterampilan. Implementasi dari sumber belajar berupa lingkungan/latar di sekolah adalah laboratorium. SMA Selamat Pagi Indonesia memiliki suatu pusat usaha wisata edukasi bernama Transformer Center yang mana digunakan sebagai laboratorium entrepreneurship untuk mengembangkan minat kewirausahaan. Hal tersebut dilakukan dengan mengikutsertakan siswa dalam pengelolaan Transformer Center. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) Sejarah berdirinya Transformer Center b) Aktivitas di dalam Transformer Center c) Peran Transformer Center sebagai sumber belajar dalam mengembangkan minat kewirausahaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan dalam proses penelitian ini dibagi menjadi tahap pendahuluan pengajuan proposal tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan penelitian. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian inia dalah dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Paparan data dan temuan penelitian. Peneliti membagi paparan data dan temuan penelitian ke dalam tiga kategori. Adapun isinya adalah sebagai berikut a) Sejarah Transformer Center sebagai laboratorium entrepreneurship b) Aktivitas pada Transformer Center c) Peran Transformer Center sebagai sumber belajar. Berdasarkan hasil dari penelitian. Dapat disimpulkan sebagai berikut a) Sejarah Transformer Center sebagai laboratorium entrepreneurship sekolah menginginkan siswa dapat mandiri setelah lulus dan Transformer Center dijadikan tempat untuk siswa belajar ilmu dalam berwirausaha. b) Aktivitas pada Transformer Center aktivitas dilakukan pada sebelas divisi yang berbeda dan siswa setiap hari melaksanakan piket entrepreneur c) Peran Transformer Center sebagai sumber belajar mencakup lima hal yaitu sarana untuk mempraktikkan teori yang didapat di dalam kelas sarana untuk pembelajaran life skill sarana pembelajaran soft skill sarana untuk pembelajaran life skill serta soft skill dalam pengembangan minat kewirausahaan siswa dan sarana untuk evaluasi kinerja dan karakter siswa dengan sistem PAKSA. ABSTRACT Yunita Sinthya. 2017. The Role of Transformer Center Learning Resource at Selamat Pagi Indonesia High School in the Development of Entrepreneurship Interest. Thesis Department of Educational Technology Faculty of Education State University of Malang Advisor (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono M.Pd. Keywords learning resource transformer center entrepreneurship interest Learning resources are chosen which suitable with learning objectives to be achieved. Environment/setting is the one from many kinds of learning resources with learning objectives to make student do practice about student have been learned in the classroom and then to improve the skills. Its implementation in the school is laboratory. Selamat Pagi Indonesia High School has a business entity education tour is Transformer Center which use to be an entrepreneurship laboratory for developing entrepreneurship interest. That is done by including the students in management of Transformer Center. The purpose of this research is to know about a) The history of Transformer Center b) Activities in Transformer Center c) The role of Transformer Center which use to be a learning resource in develop students entrepreneurship interest. This research uses qualitative approach with case study type. The procedure of collecting data in this research is observation interview and documentation. The steps in this research are preliminary proposal submission implementation make reporting research. The technique that uses to validate data in this research is extra time to participate persistence of observation and triangulation. Data exposure and research findings. Researcher divides data exposure and research into three categories a) The history of Transformer Center which use to be entrepreneurship laboratory b) Activities in Transformer Center c) The role of Transformer Center which use to be a learning resource. Based on the results from this research. The conclusion is a) The history of Transformer Center which use to be entrepreneurship laboratory the school wants students to be independent after graduation and Transformer Center is the place for students learn about entrepreneurship. b) Activities in Transformer Center activities are done in the eleven divisions and students do entrepreneur picket every day c) The role of Transformer Center which use to be a learning resource includes five things the means for practicing the theories that have been learned in the classroom the means for life skill learning the means for soft skill learning the means for life skill and soft skill learning in develop students entrepreneurship interest and the means for performance evaluation and students character with PAKSA system.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |