Peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan SAVI berbantuan wayang kertas pada siswa kelas I SDN Sawojajar 03 Malang / Syntya Dewi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan SAVI berbantuan wayang kertas pada siswa kelas I SDN Sawojajar 03 Malang / Syntya Dewi Lestari

Lestari, Syntya Dewi (2017) Peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan SAVI berbantuan wayang kertas pada siswa kelas I SDN Sawojajar 03 Malang / Syntya Dewi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Syntya Dewi. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan SAVI Berbantuan Wayang Kertas Pada Siswa Kelas I SDN Sawojajar 03 Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd Kata Kunci Keterampilan Berbicara SAVI Wayang Kertas Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di kelas I SDN Sawojajar 03 Malang ditemukan permasalahan dalam kegiatan pembelajaran diantaranya pembelajaran masih berpusat pada guru kurangnya aktivitas siswa dan belum adanya pengguanaan media dalam pembelajaran. Hal ini berdampak rendahnya keterampilan berbicara siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pendekatan SAVI berbantuan wayang kertas. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan berbicara siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MC Taggart. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan setiap pertemuan alokasi waktu 5x35 menit. Setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan tindakan (acting) pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Sawojajar 03 Malang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan SAVI berbantuan wayang kertas menunjukkan bahwa aktivitas dan keterampilan berbicara siswa kelas I mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 68 22 dengan kriteria cukup kemudian meningkat menjadi 76 15 dengan kriteria baik pada siklus II. Keterampilan berbicara siswa pada siklus I mendapatkan nilai 68 99 dengan ketuntasan klasikal 52 52% dan kualifikasi tidak tuntas. Keterampilan berbicara siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76 48 dengan ketuntasan klasikal 78 79% dan kualifikasi tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu pendekatan SAVI berbantuan wayang kertas dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan berbicara siswa kelas I SDN Sawojajar 03 Malang. Selain menarik perhatian siswa juga dapat memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Saran yang diusulkan peneliti adalah guru dapat menerapkan pendekatan SAVI berbantuan wayang kertas pada kegiatan pembelajaran dengan tema dan materi pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6719

Actions (login required)

View Item View Item