Tiarno, Enggar Pramudya (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Tembalang Kabupaten Blitar / Enggar Pramudya Tiarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tiarno Enggar Pramudya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Tembalang Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata kunci picture and picture aktivitas belajar hasil belajar IPS SD Kegiatan pembelajaran di dalam kelas tidak terlepas dari berbagai model pembelajaran yang digunakan untuk menunjang jalannya serangkaian pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Tembalang Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Masalah yang timbul dalam pembelajaran tersebut diakibatkan pembelajaran yang kurang menarik dan tidak adanya media pembelajaran berupa gambar ataupun benda konkret yang disajikan oleh guru. Media yang tidak disajikan dalam penyampaian materi pada saat pembelajaran membuat siswa kurang bisa menangkap materi yag disampaikan oleh guru dan membuat siswa mudah bosan. Akibat dari siswa yang bosan yaitu rendahnya aktivitas siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS mendeskripsikan peningkatanaktivitas belajar siswa dan mendeskripsikan peningakatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Tembalang Kabupaten Blitar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua putaran atau siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas V SDN Tembalang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picturemulai dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan dengan persentase aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 62 5% sedangkan pada siklus II sebesar 75%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tembalang Kabupaten Blitar. Model dan media yang digunakan guru dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dengan menggunakan picture and picture pada siklus I sebesar 62 5% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 77%. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan picture and picture pada siklus I sebesar 74 3 sedangkan pada siklus II diperoleh rata sebesar 79 6.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |