Meningkatkan pemahaman Pramuka Siaga tentang sandi dan morse melalui kartu kata di SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang / Munif Suprihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan pemahaman Pramuka Siaga tentang sandi dan morse melalui kartu kata di SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang / Munif Suprihatin

Suprihatin, Munif (2017) Meningkatkan pemahaman Pramuka Siaga tentang sandi dan morse melalui kartu kata di SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang / Munif Suprihatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suprihatin Munif. 2017. Meningkatkan Pemahaman Pramuka Siaga tentang Sandi Morse Melalui Kartu Kata di SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang . Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M.Pd Kata Kunci Sandi Morse Kartu Kata Pramuka Siaga Kegiatan pramuka di sekolah dasar merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh setiap anak. Dalam pelaksanaannya siswa nampak kurang bersemangat dalam berlatih karena penyajian yang kurang menarik dan tidak menggunakan media sehingga materi tidak dapat dikuasai dengan baik terutama sandi morse. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kartu kata dalam pelatihan pramuka siaga untuk meningkatkan pemahaman anak tentang sandi morse di SDN Ampeldento 01 Kabupaten Malang. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas anak dan soal etes. Subjek penelitian ini sebanyak 25 anak dengan rincian 16 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan beberapa tahapan pemaparan data reduksi data kategorisasi data pemaknaan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak terlihat senang dan antusias selama latihan berlangsung. Anak berlatih bekerjasama dalam kegiatan kelompok. Pada siklus I nilai aktivitas anak dengan rata-rata 62 162. Pada siklus II dengan rata-rata 75 596. Hasil tes pada siklus I nilai rata-rata 67 08 dan pada siklus II mencapai 73 8. Pada siklus II anak terlihat lebih aktif tertib antusias selama latihan berlangsung dan dapat bekerjasama dengan kelompoknya masing-masing. Pada siklus I 60% anak dapat menulis sandi morse lebih dari 15 huruf. Pada siklus II terjadi peningkatan 84 6% anak dapat menulis lebih dari 15 huruf dalam sandi morse. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman anak tentang sandi morse meningkat melalui penerapan kartu kata. Penerapan kartu kata tidak hanya menarik bagi anak namun juga dapat melatih anak untuk saling menghargai dalam kegiatan berkelompok. Berdasarkan temuan tersebut anak perlu latihan mensubtitusikan sandi morse menjadi kata tertentu terlebih dahulu supaya anak lebih paham tentang huruf-huruf morse.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6717

Actions (login required)

View Item View Item