Problematika perencanaan pembelajaran kelas V di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang / Nayla Fitri Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika perencanaan pembelajaran kelas V di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang / Nayla Fitri Aulia

Aulia, Nayla Fitri (2017) Problematika perencanaan pembelajaran kelas V di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang / Nayla Fitri Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aulia Nayla Fitri. 2017. Problematika Perencanaan Pembelajaran Kelas V di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M. Si. (II) Dra. Sri Harmini S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Problematika Perencanaan Pembelajaran Tematik SD Perencanaan pembelajaran yang tepat dapat memudahkan guru melaksanakan pembelajaran di kelas. Guru menghadapi problematika dalam merencanakan pembelajaran namun guru mempunyai cara mengatasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika perencanaan pembelajaran beserta cara mengatasinya sehingga peneliti melakukan penelitian tentang Problematika Perencanaan Pembelajaran Kelas V di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi problematika perencanaan pembelajaran yaitu kurang teliti dalam mengembangkan RPP tematik karena terdapat penyusunan komponen RPP yang belum sesuai dengan ketentuan. Penyebab munculnya problematika tersebut karena guru kurang memahami cara pengembangan RPP tematik sesuai ketentuan. Cara mengatasi problematika tersebut yaitu guru lebih teliti dalam mengembangkan RPP tematik seperti mencantumkan dan menjabarkan komponen RPP secara lengkap dan runtut. Pembahasan penelitian ini yaitu guru berpedoman dengan silabus tematik buku guru buku siswa dan sumber lain dalam mengembangkan RPP tematik. Guru harus memahami Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 untuk mempermudah dalam menjabarkan komponen RPP. Guru juga harus lebih teliti dalam mencantumkan serta menjabarkan komponen RPP secara runtut dan lengkap. Kesimpulan penelitian ini yaitu guru menghadapi problematika perencanaan pembelajaran pada pengembangan RPP tematik. Penyebab problematika tersebut yaitu guru kurang memahami Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 dan informasi lain tentang perencanaan pembelajaran. Cara mengatasi problematika tersebut guru harus lebih teliti dalam menjabarkan komponen RPP. Saran peneliti kepada guru hendaknya berpedoman dengan Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 dan dikembangkan sesuai karakteristik siswa. Peneliti lain dapat mengembangkan penelitian secara khusus maupun keseluruhan tentang pembelajaran tematik di sekolah dan kelas yang berbeda. ABSTRACT Aulia Nayla Fitri. 2017. Problematic of Lesson Plan on The Fifth Grade in SDN Cemorokandang 2 Malang City. Thesis Prodi S1 - Elementary School Teacher Education Department of Primary School Education and Preschool Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (I) Drs. Imam Nawawi M. Si. (II) Dra. Sri Harmini S. Pd. M. Pd. Keywords Problems Planning Learning Thematic Elementary Education Appropriate learning planning can make it easier for teachers to implement learning in the classroom. Teachers face problems in planning lessons but teachers have a way to overcome them. The purpose of this study to determine the problematic learning planning and how to overcome it so that researchers do research on Problematic of Lesson Plan on The Fifth Grade in SDN Cemorokandang 2 Malang City. This research uses descriptive qualitative approach. The technique of data collecting is done by documentation study and interview. Analysis of the research data conducted by data reduction data presentation and data verification. The results showed that teachers face the problematic learning planning that is less thorough in developing thematic teaching plan because there is a preparation of teaching plan components that are not in accordance with the provisions. The cause of the problematic emergence is because teachers do not understand how to develop thematic teaching plan according to the provisions. How to overcome the problem is that teachers more thoroughly in developing thematic teaching plan such as include and describe the components of teaching plan in complete and coherent. The discussion of this research is the teacher is guided by syllabus thematic teacher book student book and other sources in developing thematic teaching plan. The teacher should understand Permendikbud Number 65 of 2013 to make it easier to describe teaching plan components. Teachers must also be more careful in listing and describe RPP components in a coherent and complete. The conclusion of this research is that teachers face the problem of learning planning in developing thematic teaching plan. The cause of the problem is that teachers do not understand Permendikbud Number 65 the year 2013 and other information about learning planning. How to solve the problematic teachers should be more careful in describing the components of the teaching plan. The researcher s suggestion to Teachers should be guided by Permendikbud No. 65 of 2013 and developed according to the characteristics of students. Other researchers can develop both specific and overall research on thematic learning in different schools and classes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6713

Actions (login required)

View Item View Item