Wandamani, Victor (2017) Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model talking stick pada muatan bahasa Indonesia di kelas VA SD Negeri Madyopuro 1 / Victor Wandamani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Victor Wandamani. 2013.PeningkatanKeterampilanBerbicaraDenganMenggunakan Model Talking Stick PadaMuatanBahasa Indonesia Di Kelas V A SD NegeriMadyopuro 1. Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. MuhanaGipayana M.Pd (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci KeterampilanBerbicara ModelTalking Stick Pendidikanmerupakansuatukegiatan yang dilakukansecarasadargunadalammemperolehpengetahuan perubahansikap keterampilansertausaha yang dilakukanuntukmencapaitujuanhidup. Dalamketerampilanberbicaradiperlukankemampuanmaupunketerampilankhusus sepertipemilihankosa kata penyusunankosa kata menjadikalimat yang terstruktur sertapengucapan yang benar.Berdasarkanobservasiawal yang dilakukan di kelas VA SD NegeriMadyopuro I ditemukanpermasalahmenngenaiketerampilanberbicarasiswa. Model yang digunakan dalampenelitianiniadalahdeskripsikualitatifmelaluiPenelitianTindakanKelas (PTK). SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasV A SD NegeriMadyopuro 1tahunajaran 2016-2017 yang berjumlah 30 orang.Olehsebabitupenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilanberbicarasiswapadakonsepmendeskripsikantentangdesaunik di balisertamenceritakankembaliusahapelestarianhewandantumbuhanlangkadenganmenggunakanmodelTalking Stick. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus yang terdiriatastahapperencanaan pelaksanaantindakan pengamatan danrefleksi. Instrumen yang digunakan padapenelitianiniberupatesketerampilanberbicaradaninstrumennontesberupalembarobservasikegiatan guru dankegiatansiswa.Adapunhasilpenelitiansebagaiberikut 1) penelitiansiklus 1 siswamemperoleh rata-rata 78 05 untukpenilaianketerampilanberbicarasedangkanpenilaianaktifitas guru diperolehpresentase 87 5% danpenilaianaktifitassiswadiperolehpresentase 75% 2) penelitiansiklus 2 siswamemperoleh rata-rata 83 60 untukpenilaianketerampilanberbicarasedangkanpenilaianaktifitas guru diperolehpresentase 100% danpenilaianaktifitassiswadiperolehpresentase 100%. DapatdisimpulkanbahwapembelajaranketerampilanberbicaramelaluipenerapanmodelTalking Sticksangatefektifsehinggadapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswa.Berdasarkankesimpulandiataspenelitimenyarankanuntuksiswa muatanpembelajaranBahasa Indonesia perluditingkatkankhususnyadalammateriketerampilanberbicaradenganbahasa yang baikdanbenar.UntukSekolah khususnya SD NegeriMadyopuro 1 penelitianinidapatmemberikansumbangan yang positifdalammuatanpembelajaranBahasa Indonesia khususnyaketerampilanberbicarasehinggadapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |