Penerapan model team game tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Galuh Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model team game tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Galuh Prasetya

Prasetya, Galuh (2017) Penerapan model team game tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Galuh Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya Galuh. 2017. Penerapan Model Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar. JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah. FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd (2)Dra. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Teams Game Tournament Pembelajaran IPS SD Berdasarkanhasilobservasiyang dilaksanakanpenelitipadakelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang ditemukanbeberapapermasalahanpembelajaranyaituguru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran di kelas dari 23 siswa yang ada di kelas V 15 siswa terlihat tidak aktif dalam aktivitas tanya jawab dengan guru empat siswa sedang mengobrol dengan teman sebangkunya saat pembelajaran berlangsung. Tiga siswa yang posisi duduknya paling belakang sering meletakkan kepalanya ke atas meja serta banyak siswa yang ijin keluar kelas dengan alasan ke kamar mandi. Berdasarkanpermasalahantemuanpenelitipadasaatmelakukanobservasi makapenelitiberupayamelakukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model Team Game Tournament. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1) mendeskripsikanpenerapan model Teams Game Tournament pada KD menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. (2) mendeskripsikan pengingkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Team Game Tournamentpada KD menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang. (3) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Teams Game Tournament pada KD menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN Sekarpuro Kabupaten Malang. Penelitianinidirancangmenggunakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkualitatif yang dilaksanakanselamaduasiklus danterdiridariperencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi.Pengumpulandata dilakukandenganteknikobservasi dokumentasidanwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaan model Team Game Tournamentdapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata akivitas siswa siklus I mencapai 66 43. Pada tindakan siklus II rata-rata aktivitas siswa meningkat sebesar 79 09. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 60 1 dan meningkat pada siklus II sebesar 77 66. Berdasarkanpaparantersebutdapatdisimpulkanbahwa model Teams Game Tournamentdapatmeningkatkanaktivitas dan hasil belajar siswakelasV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6711

Actions (login required)

View Item View Item