Hapsari, Gandhis Anindya Devi (2017) Pengembangan media CD interaktif pada subtema komponen ekosistem untuk kelas V SDN Kota Malang / Gandhis Anindya Devi Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hapsari Gandhis Anindya Devi. 2017. Pengembangan Media CD Interaktif pada Subtema Komponen Ekosistem untuk Kelas V SDN Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M. Pd (II) Dra. Murtiningsih M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Komponen Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Media berbantuan komputer belum sepenuhnya dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar karena guru cenderung menggunakan media yang monoton seperti buku teks. Penelitian ini mengembangkan media CD interaktif pada Subtema Komponen Ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk CD interaktif pada Subtema Komponen Ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar yang layak menurut ahli media ahli materi dan ahli pengguna serta menghasilkan produk CD interaktif pada Subtema Komponen Ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar yang efektif menurut siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pendekatan sistem yang dirancang dan dikembangkan oleh Dick Carey. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) analisis kebutuhan dan identifikasi tujuan umum (2) analisis pembelajaran (3) analisis pebelajar dan konteks (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengembangkan matriks naskah produksi (storyboard) (6) mengembangkan produk (7) mengembangkan instrumen (8) melakukan evaluasi formatif (9) revisi dan (10) produk akhir. Hasil pengembangan berupa produk CD interaktif pada Subtema Komponen Ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar yang dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan. Berdasarkan evaluasi formatif kepada ahli media diperoleh persentase sebesar 97 22% persentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 94 17% dan dari evaluasi formatif kepada pengguna diperoleh persentase sebesar 93 33%. Pada uji coba prototype diperoleh persentase sebesar 89 04% sedangkan saat uji coba lapangan kepada siswa diperoleh data adanya peningkatan hasil rata-rata post-test dibanding pre-test yang mana pada pembelajaran 1 terdapat peningkatan sebesar 34 poin pembelajaran 2 sebesar 35 33 poin dan pada pembelajaran 3 terdapat peningkatan sebesar 22 poin. Berdasarkan evaluasi formatif yang telah dilakukan maka CD interaktif ini secara umum dikatakan layak dan dapat dijadikan media pembelajaran untuk kelas V Sekolah Dasar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan CD interaktif dengan memperbanyak kegiatan belajar yang merangsang siswa untuk berpikir aktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |