Dewanta, Bagus Yane (2017) Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IVB SDN Bunulrejo 2 Kota Malang / Bagus Yane Dewanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewanta Bagus Yane. 2017. Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IVb SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Skripsi Prodi-S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. A. Badawi S.Pd. M.Pd. (2) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci Gambar Seri Karangan Narasi Siswa SD Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa kususnya keterampilan menulis karangan narasi. Namun pada kenyataannya saat peneliti melakukan pengamatan ketika menjalankan KPL di SDN Bubulrejo 2 Kota Malang guru dalam mengajar hanya berpatok pada buku tidak menggunakan media pembelajaran. Untuk siswa yang kurang dalam pembelajaran menulis karangan guru tidak melakukan penanganan kusus. Sehingga peneliti melakukan penelitian guna meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dengan judul Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IVb SDN Bunulrejo 2 Kota Malang . Tujuan penelitian ini untuk menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran dan meningkatkan keterampilan mengarang siswa. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model yang digunakan yaitu model MC Taggart yang dilaksanakan secara bersiklus. Pada tiap siklus meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Analisis data penelitian ini menggunakan 3 tahapan yaitu pengumpulan data penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan hasil penulisan karangan narasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pada siklus pertama variabel pertama tingkat keberhasilan mencapai 75% dan siklus kedua 91 9%. Hasil dari variabel kedua siklus pertama siswa yang mendapat klasifikasi sangat berhasil mencapai 0% siswa pada klasifikasi berhasil mencapai 5 3% siswa pada klasifikasi berhasil mencapai 47 4% siswa pada klasifikasi kurang berhasil mencapai 42 1% siswa dan pada klasifikasi gagal mencapai 5 3% siswa. Sedangkan pada siklus kedua siswa yang mendapat klasifikasi sangat berhasil mencapai 39 5% siswa pada klasifikasi berhasil mencapai 55 3% siswa pada klasifikasi cukup berhasil mencapai 5 3% siswa pada klasifikasi kurang berhasil dan gagal mencapai 0% siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunaan media gambar seri dapat meningkatkan hasil karya tulis siswa beruapa karangan narasi. Dengan demikian guru dapat menggunakan media gambar seri sebagai media rujukan untuk meningkatkan hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa. Saran dari peneliti yaitu pada saat pemilihan gambar untuk media gambar seri pilihlah gambar yang mudah dimengerti oleh siswa namun tetap sesuai dengan tema dan sub tema yang akan di ajarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6708 |
Actions (login required)
View Item |