Penerapan model two stay two stray pada subtema Daerah Tempat Tinggalku untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 01 Malang / Tri Wahyu Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model two stay two stray pada subtema Daerah Tempat Tinggalku untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 01 Malang / Tri Wahyu Lestari

Lestari, Tri Wahyu (2017) Penerapan model two stay two stray pada subtema Daerah Tempat Tinggalku untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 01 Malang / Tri Wahyu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Tri Wahyu. 2017. Penerapan Model Two Stay Two Stray pada Subtema Daerah Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Madyopuro 01 Malang. Skripsi Prodi-S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (2) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd Kata Kunci Model Two Stay Two Stray aktivitas belajar hasil belajar Temuan hasil observasi awal aktivitas siswa selama pembelajaran masih terbatas pada tanya jawab dan mengerjakan soal dari guru. Dalam kegiatan kelompok belum semua siswa aktif dan terlibat dalam kegiatan kelompok. Data hasil belajar siswa pada semester ganjil menunjukkan hanya 25% dari jumlah siswa yang memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray meningkatkan keterampilan bertanya mengkomunikasikan dan mencari informasi serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Two Stay Two Stray. Model Two Stay Two Stray merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Hal ini dilakukan dengan cara saling mengunjungi/bertamu antar kelompok untuk berbagi informasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model yang digunakan yaitu model Kemmis Mc Taggart yang dilaksanakan secara bersiklus. Pada tiap siklus meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Analisis data penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan langkah-langkah 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray 94%. Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 79 4% meningkat menjadi 81 4% pada siklus 2. Nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 75 5 meningkat menjadi 79 7 pada siklus 2. Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 56 2% meningkat menjadi 78 1% pada siklus 2. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Pada penerapan model Two Stay Two Stray memerlukan pengaturan waktu dengan efektif untuk itu disarankan sebelum menerapkan model Two Stay Two Stray guru sebaiknya merancang waktu terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item View Item