Nur I.W A, Hadlirotun (2017) Penerapan media flashcard untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa subtema Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SDN Madyopuro 01 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Hadlirotul Nur I.W A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK I.WA Hadlirotun Nur. 2017. Penerapan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Subtema Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Madyopuro 01 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra.Sri Sugiharti M.Pd (2) Drs.Imam Nawawi M.Si Kata kunci Penerapan Media flashcard Aktivitas Hasil Belajar Media flashcard merupakan media sederhana berupa kartu kecil yang berisi gambar teks atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Media flashcard adalah media yang mudah di bawa praktis tidak memerlukan keahlian khusus untuk dapat membuat media tersebut mudah diingat dan juga menyenangkan. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi awal dimana guru kelas belum menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media flashcard peningkatan aktivitas belajar siswa dalam penerapan media flashcard dan peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan media flashcard subtema Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Madyopuro 01 Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan media flashcard terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 01 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penggunaan media flashcard dapat memberikan pembelajaran yang bermakna yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Nilai siswa pada saat pratindakan rata-rata 62 5% sedangkan pada siklus I nilai rata-rata yaitu 72% dan pada siklus II nilai rata-rata 87 5%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I memiliki nilai rata-rata 70 87 sedangkan pada siklus II memiliki nilai rata-rata 77 peningkatan aktivitas siswa mulai dari siklus I ke siklus II sebesar 16 25%. Pembahasan penerapan media flashcard pada kegiatan belajar mengajar pada siklus I siswa masih merasa kesulitan namun pada siklus II dilakukan perbaikan sehingga pembelajaran berlangsung lebih baik daripada siklus I. Aktivitas belajar siswa saat pratindakan rendah pada siklus I dapat dikatakan baik dan terjadi peningkatan pada siklus II. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari evaluasi pada kegiatan pembelajaran berlangsung menunjukkan peningkatan dari pratindakan maupun siklus I dan siklus II. Hal Tersebut menunjukkan bahwa penerapan media flashcard dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Madyopuro 01 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Disarankan guru menerapkan media flashcard untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. ABSTRACT I.WA Hadlirotun Nur. 2017. The Application of Flashcard Media To Increase Students s Activity And Learning Outcome in Subtheme I m Proud with my Residential Area fourth grades SDN Madyopuro 01 Kedungkandang district Malang City. Thesis. Teacher Education Study Program Elementary School Department of Primary School And Preschool Education Faculty of Education University of Malang. Pembimbing (1) Dra.Sri Sugiharti M.Pd (2) Drs.Imam Nawawi M.Si Kata kunci Application of flashcard Media Activity learning outcome Media flashcard is a media that is easy to carry practical does not require special skills to be able to make the media easy to remember and also fun. This is in accordance with the results of pre-action observations where the classroom teachers have not used the media to improve learning activities and student learning outcomes are still lacking. This study aims to describe the application of flashcard media increased student learning activities in the application of flashcard media and improving student learning outcomes in the application of media flashcard subtheme I Proud with my Residential Area fourth grades SDN Madyopuro 01 Kedungkandang district Malang city. The method of this research uses qualitative descriptive approach with Classroom Action Research type. The results of this study indicate that the influence of the application of flashcard media to the activity and learning outcomes of fourth grade students of SDN Madyopuro 01 Kedungkandang district Malang City. The use of flashcard media can provide meaningful learning which will have an impact on improving student learning outcomes. Students score on pre-action average of 62 5% while in cycle I average value that is 72% and in cycle II average value 87 5%. While student learning activity in cycle I has average value 70 87 whereas in cycle II has average value 77 increase of student activity from cycle I to cycle II equal to 16 25%. The discussion of the application of flashcard media on teaching and learning activities in the first cycle of students still feel difficulty but in the second cycle of improvement so that learning takes place better than cycle I. Student learning activities when pre-action low the cycle I can be said both and increased in cycle II . Student learning outcomes obtained from the evaluation of on-going learning activities showed an increase from pre-action and cycle I and cycle II. This indicates that the application of flashcard media can improve the activity and learning outcomes of students SDN Madyopuro 01 Kedungkandang District Malang City. Suggested that teachers apply flashcard media to help students in teaching and learning process.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6705 |
Actions (login required)
View Item |