Bekti, Ilham Kusuma (2017) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 5b SDN Bareng 1 Kota Malang / Ilham Kusuma Bekti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Bekti Ilham Kusuma. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5b SDN Bareng 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Murtiningsih M.Pd (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata kunci Mind Mapping Aktivitas Hasil Belajar. Hasil Observasi pratindakan pada tanggal 29 maret 2017 pada kelas 5b SDN Bareng 1 diperoleh data hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 72 dengan ketuntasan klasikal mencapai 42%. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru masih menerangkan sedangkan siswanya mendengarkan sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana penerapan model Mind Mapping pada kelas 5b SDN Bareng 1 subtema 9.1 Manusia dan Lingkungan (3) bagaimana aktivitas siswa kelas 5b SDN Bareng1 selama penerapan model Mind Mapping subtema 9.1 Manusia dan Lingkungan (3) bagaimana hasil belajar siswa kelas 5b SDN Bareng 1 setelah diterapkan model Mind Mapping subtema 9.1 Manusia dan Lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif dan paparan data secara deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5b yang berjumlah 28 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan bahwa aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 77% dan pertemuan 2 sebesar 80% siklus II pertemuan 1 sebesar 90% dan pertemuan 2 sebesar 97%. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I pertemuan 1 mendapat nilai rata-rata 73 dan pertemuan 2 mendapat nilai rata-rata 75 6. Pada siklus II pertemuan I mendapat nilai rata-rata 78 dan pertemuan 2 mendapat nilai 82. Ketuntasan hasil belajar kognitif siklus I pertemuan 1 sebesar 46% dan siklus I pertemuan 2 sebesar 64%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 82% dan pertemuan sebesar 100%. Hasil belajar afektif siswa pada siklus 1 pertemuan 1 mendapat nilai rata-rata 64 41 pada pertemuan 2 68 83. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata rata siswa 74 36 dan pertemuan 2 mendapat nilai rata-rata 82 37. Ketuntasan hasil belajar afektif siklus I pertemuan 1 sebesar 25% dan pertemuan 2 sebesar 46%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 71% dan pertemuan II 78%. Hasil belajar psikomotor siklus I pertemuan 1 mendapat nilai rata-rata 61 97 dan pertemuan 2 mendapat 69 08. Pada siklus II pertemuan 1 mendapat nilai rata-rata 77 58 dan pertemuan 2 mendapat 85 17 . Ketuntasan hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 28% dan pertemuan 2 sebesar 53%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 92% dan pertemuan 2 sebesar 100%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |