Analisis keterpaduan muatan materi buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV semester I tema indahnya kebersamaan edisi revisi tahun 2016 / Aprilia Esa Putri Sartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterpaduan muatan materi buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV semester I tema indahnya kebersamaan edisi revisi tahun 2016 / Aprilia Esa Putri Sartono

Sartono, Aprilia Esa Putri (2017) Analisis keterpaduan muatan materi buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV semester I tema indahnya kebersamaan edisi revisi tahun 2016 / Aprilia Esa Putri Sartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sartono. Aprilia Esa Putri. 2017. Analisis Keterpaduan Muatan Materi Buku Tematik Terpadu Untuk Siswa Kelas IV Semester 1 Tema Indahnya Kebersamaan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. (II) Dra. Tri Murti S.Pd . M.Pd. Kata kunci keterpaduan muatan materi kurikulum 2013 Pada kurikulum 2013 pemerintah sudah mewajibkan seluruh sekolah di Indonesia menggunakan buku teks keluaran dari pemerintah. Sehingga perlu di analisis keterpaduannya terutama buku untuk siswa agar layak untuk dijadikan sumber belajar utama bagi siswa. Selain itu krisis radikalisme yang sering terjadi baru-baru ini mendorong perlunya dilakukan analisis keterpaduan buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan pada setiap pembelajaran berdasarkan 3 model keterpaduan. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu berupa dokumen buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan keluaran Kemendikbud edisi revisi tahun 2016. Adapun proses analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian atau pemaparan data dan tahap verifikasi data atau penemuan penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan keterhubungan antar indikator pada setiap muatan materi dalam semua subtema memiliki persentase rata-rata 100% dengan kriteria sangat baik di mana seluruh indikator pada setiap muatan materi semua saling terhubung antara satu indikator dengan indikator lainnya. Kesesuaian indikator dengan subtema pada tema Indahnya Kebersamaan memiliki persentase rata-rata 67 5% dengan kriteria cukup baik. Artinya hampir sebagian besar indikator sesuai dengan subtema masing masing. Keintegrasian antar muatan materi pada tema Indahnya Kebersamaan memiliki persentase rata-rata 50% dengan kriteria kurang baik. Secara umum sebagian muatan materi dalam setiap pembelajaran tidak terintegrasi dengan baik. Dari ketiga fokus penelitian rata-rata persentase keterpaduan buku siswa tema Indahnya Kebersamaan memiliki persentase keterpaduan sebesar 72 5% dengan kriteria cukup baik. Kesimpulannya bahwa buku tematik terpadu untuk siswa kelas IV memiliki tingkat keterhubungan antar indikator per muatan materi yang sangat tinggi sedangan untuk kesesuaian indikator dan keintegrasian muatan materi masih perlu banyak perbaikan. Dengan adanya temuan ini disarankan untuk pengembang buku dalam membuat kegiatan pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan subtema. Sehingga tidak ada perbedaan jauh antara kegiatan pembelajaran dengan subtema. Juga dalam hal keintegrasian hendaknya pada semua muatan materi memang tidak bisa dipaksakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item