Analisis kesalahan penyelesaian soal matematika mengurutkan pecahan pada peserta didik kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Rizky Nova Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penyelesaian soal matematika mengurutkan pecahan pada peserta didik kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Rizky Nova Damayanti

Damayanti, Rizky Nova (2017) Analisis kesalahan penyelesaian soal matematika mengurutkan pecahan pada peserta didik kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Rizky Nova Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Rizky Nova. 2017. Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Matematika Mengurutkan Pecahan pada Peserta Didik Kelas IV SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Guru Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suhartono S.Pd M.Pd (2) Dra. Sukamti M.Pd Kata Kunci Kesalahan Penyelesaian Soal Matematika Mengurutkan Pecahan Sekolah Dasar Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh kebanyakan peserta didik kelas IV SDN Kedungkandang 2. Pecahan merupakan salah satu materi matematika yang dianggap sulit sehingga saat menyelesaikan soal mengurutkan pecahan peserta didik banyak melakukan kesalahan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik beserta penyebab kesalahan penyelesaian soal matematika mengurutkan pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Data penelitian ini berupa soal tes dan hasil wawancara guru serta peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes wawancara serta dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis penyelesaian soal matematika mengurutkan pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika mengurutkan pecahan berupa 1) kesalahan mengurutkan pecahan sesuai perintah soal 2) kesalahan menentukan pembilang baru 3) kesalahan menentukan penyebut dan pembilang baru 4) kesalahan menuliskan proses pengerjaan 5) kesalahan tidak menjawab soal 6) kesalahan menuliskan dua jawaban. Selain itu penyebab kesalahan penyelesaian soal matematika mengurutkan pecahan meliputi 1) peserta didik kurang memahami soal 2) kemampuan operasi hitung perkalian dan pembagian peserta didik masih kurang 3) kurangnya usaha peserta didik mengerjakan soal 4) peserta didik kurang mengerti dalam mencari KPK 5) kurangnya konsentrasi peserta didik mengerjakan soal 6) peserta didik kurang percaya diri 7) peserta didik terburu-buru mengerjakan soal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peserta didik melakukan kesalahan menyelesaikan soal matematika mengurutkan pecahan dikarenakan kurangnya peserta didik memahami soal dan kurangnya kemampuan peserta didik melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian sehingga peserta didik salah dalam menentukan jawaban menuliskan proses pengerjaan dan menentukan penyebut serta pembilang baru. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan hendaknya guru dapat memberikan tes kepada peserta didik sebelum memulai pembelajaran dengan meminta peserta didik membacakan perkalian maupun pembagian di depan kelas secara bergantian yang diacak oleh guru setiap harinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6701

Actions (login required)

View Item View Item