Pengembangan media VCD pembelajaran metode permainan (baris bilangan) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi bilangan bulat untuk SD kelas IV semester II / Nur Rohmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media VCD pembelajaran metode permainan (baris bilangan) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi bilangan bulat untuk SD kelas IV semester II / Nur Rohmad

Rohmad, Nur (2009) Pengembangan media VCD pembelajaran metode permainan (baris bilangan) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi bilangan bulat untuk SD kelas IV semester II / Nur Rohmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmad Nur. 2009. Pengembangan Media VCD Pembelajaran Metode Permainan Baris Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Operasi Bilangan Bulat Untuk SD Kelas IV Semester II. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw MA (II) Eka Pramono Adi M.Si. Kata kunci Pengembangan Media VCD Pembelajaran Permaianan Baris Bilangan Matematika. Media VCD pembelajaran adalah media pembelajaran yang penyampaiannya memadukan unsur audio visual dalam waktu yang bersamaan sehingga dapat menarik minat pengguna. Matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak sehingga dituntut kemampuan guru untuk dapat mengupayakan metode yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa. Untuk itu diperlukan model dan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator pembelajaran. Salah satu media yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini adalah media VCD pembelajaran. Tujuan pengembangan VCD pembelajaran ini adalah untuk membuat media VCD pembelajaran metode permainan Baris Bilangan pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Bilangan Bulat untuk Sekolah Dasar kelas IV semester II yang efektif dan dapat membantu proses pembelajaran. Subyek ujicoba dalam pengembangan media CD pembelajaran ini adalah siswa kelas IV SD Laboratorium UM. Jenis data pengembangan ini adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta menggunakan instrumen berbentuk angket yang diberikan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Untuk hasil belajar siswa digunakan evaluasi dalam bentuk pre test dan post test. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli media ahli materi dan audiens adalah prosentase sedangkan untuk mengolah hasil belajar siswa digunakan diagram perbandingan. Hasil pengembangan media VCD pembelajaran ini berdasarkan analisis data dari 2 ahli media 1 ahli materi dan siswa kemudian dianalisia berdasarkan atas tabel spesifikasi Sudjana memenuhi kriteria valid atau dapat dikatakan ahli media setuju bahwa VCD pembelajaran ini sudah layak untuk diterapkan dengan hasil yakni ahli media 95 % ahli materi 92 5 % audiens 87 89 %. Sedangkan untuk tes hasil belajar menunjukkan media VCD pembelajaran ini memberikan efek positif terhadap hasil belajar siswa itu dapat membuktikan bahwa meskipun materi sudah pernah diajarkan ternyata media ini efektif. Saran yang diajukan hendaknya hasil produk media VCD pembelajaran ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan ditindak lanjuti sehingga dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususya untuk mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item