Kecenderungan pembelajaran terpadu pada subtema 8.1 "Lingkungan Tempat Tinggalku" kelas IV di SDN Karangbesuki 2 Kota Malang / Iftitah Langi Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecenderungan pembelajaran terpadu pada subtema 8.1 "Lingkungan Tempat Tinggalku" kelas IV di SDN Karangbesuki 2 Kota Malang / Iftitah Langi Widodo

Widodo, Iftitah Langi (2017) Kecenderungan pembelajaran terpadu pada subtema 8.1 "Lingkungan Tempat Tinggalku" kelas IV di SDN Karangbesuki 2 Kota Malang / Iftitah Langi Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Langi W Iftitah. 2017. Kecenderungan Pembelajaran Terpadu pada Subtema 8.1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV di SDN Karangbesuki 2 Kota Malang . Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Muchtar S.Pd M.Si. (II) Drs. Dimayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Terpadu Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran terpadu. Penerapan pembelajaran tersebut membawa implikasi perubahana dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Perubahan tersebut mengarah pada cara berpikir yang sebelumnya parsial menuju cara berpikir holistik. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik supaya dapat diterima. Pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan menyenangkan perlu adanya suatu model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran sangat dipengaruhi oleh sifat dari materi yang diajarkan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut serta tingkat kemampuan siswa. Pembelajaran yang memisahkan secara tegas penyajian mata pelajaran-mata pelajaran tersebut hanya akan membuat kesulitan bagi setiap siswa karena hanya akan memberikan pengalaman belajar yang artificial. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian lebih intensif tentang proses belajar serta kecenderungan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar seperti pada kelas IV di SDN Karangbesuki 2 Kecamatan Sukun Kota Malang dengan memperhatikan karakteristik anak yang akan menghayati pengalaman belajar tersebut sebagai satu kesatuan yang utuh. Mendeskripsikan penerapan pembelajaran terpadu dan pembelajaran manakah yang lebih dominan diimplementasikan oleh guru pada saat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengambil data-data dilapangan berupa data hasil observasi data wawancara data gambar dokumen-dokumen dengan cara pengamatan dilapangan. Peneliti menggali informasi sesuai dengan fakta-fakta yang ada dilapangan kemudian di analisis dengan teori yang sudah ada. Penerapan pembelajaran terpadu Subtema 8.1 Lingkungan Tempat Tinggalku pada kelas IV di SDN Karangbesuki 2 dilakukan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan awal/pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelaksanaa pembelajaran terpadu pada dasarnya sama dengan kegiatan pembelajaran pada umunya. Perbedaanya terletak pada aktifitas atau kegiatan yang akan dilakukan dalam setiap tahap kegiatan. Model pembelajaran yang dibangun hanya pada satu mata pelajaran tersebut yaitu masuk ke dalam model Fragmented Connected dan Nested. Pada dasarnya dalam pembelajaran tidak satu model pembelajaran manapun yang terimplementasi secara utuh atau memenuhi kualifikasi persyaratan model yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item