Analisis evaluasi hasil belajar nilai - nilai karakter pada buku ajar kelas V tema lingkungan sahabat kita Sekolah Dasar / Yudha Adhi Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis evaluasi hasil belajar nilai - nilai karakter pada buku ajar kelas V tema lingkungan sahabat kita Sekolah Dasar / Yudha Adhi Prasetya

Prasetya, Yudha Adhi (2017) Analisis evaluasi hasil belajar nilai - nilai karakter pada buku ajar kelas V tema lingkungan sahabat kita Sekolah Dasar / Yudha Adhi Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya Yudha A. 2017. Analisis Evaluasi Hasil Belajar Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Nilai Karakter Buku Ajar Buku Siswa Evaluasi Proses penanaman nilai-nilai karakter sudah tercantum pada kurikulum yang berlaku di Indonesia yaitu kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 nilai-nilai karakter diintegrasikan pada bahan atau materi pelajaran yang pada buku siswa. Pada penelitian sebelumnya yang terkait dengan nilai-nilai karakter pada buku siswa ditemukan fakta bahwa nilai-nilai karakter sudah termuat pada buku siswa tetapi belum terfokus pada bagian evaluasi. Sebagai upaya lanjutan dari hal tersebut maka penelitian ini dilakukan. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti lebih memfokuskan kepada muatan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam instrumen-instrumen evaluasi kofnitif psikomotor dan afektif pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita Sekolah Dasar. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif menghasilkan temuan bahwa pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita terdapat muatan nilai-nilai karakter. Dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada standart isi kurikulum 2013 pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita telah memuat 18 nilai karakter tersebut yaitu religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi bersahabat/komunikatif cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai karakter tersebut termuat pada bagian evaluasi yang terbagi menjadi evaluasi kognitif evaluasi psikomotor dan evaluasi afektif yang pada setiap evaluasi memiliki jumlah muatan nilai karakter yang berbeda. Dari 240 temuan yang memuat nilai-nilai karakter terdapat 193 karakter yang muncul pada bagian evaluasi kognitif 21 nilai karakter yang muncul pada bagian psikomotor dan 26 nilai karakter yang muncul pada bagian afektif. Selain itu terdapat nilai karakter baru yang munul pada bagian evaluasi yaitu teliti cermat dan percaya diri. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian peneliti memberi saran kepada pemerintah untuk mengkaji dan menambahkan nilai karakter baru. Selanjutnya bagi penulis atau pengarang buku sebaiknya melakukan perbaikan tentang muatan nilai karakter pada evaluasi kognitif afektif dan psikomotor dan menambahkan nilai karakter baru di dalamnya. Sementara itu untuk peneliti lain dapat mengembangkan dengan cakupan yang lebih luas dalam mengkaji buku siswa kelas 5 pada keseluruhan tema dengan metodologi yang berbeda. ABSTRAK Prasetya Yudha A. 2017. Analisis Evaluasi Hasil Belajar Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Nilai Karakter Buku Ajar Buku Siswa Evaluasi Proses penanaman nilai-nilai karakter sudah tercantum pada kurikulum yang berlaku di Indonesia yaitu kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 nilai-nilai karakter diintegrasikan pada bahan atau materi pelajaran yang pada buku siswa. Pada penelitian sebelumnya yang terkait dengan nilai-nilai karakter pada buku siswa ditemukan fakta bahwa nilai-nilai karakter sudah termuat pada buku siswa tetapi belum terfokus pada bagian evaluasi. Sebagai upaya lanjutan dari hal tersebut maka penelitian ini dilakukan. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti lebih memfokuskan kepada muatan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam instrumen-instrumen evaluasi kofnitif psikomotor dan afektif pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita Sekolah Dasar. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif menghasilkan temuan bahwa pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita terdapat muatan nilai-nilai karakter. Dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada standart isi kurikulum 2013 pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita telah memuat 18 nilai karakter tersebut yaitu religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi bersahabat/komunikatif cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai karakter tersebut termuat pada bagian evaluasi yang terbagi menjadi evaluasi kognitif evaluasi psikomotor dan evaluasi afektif yang pada setiap evaluasi memiliki jumlah muatan nilai karakter yang berbeda. Dari 240 temuan yang memuat nilai-nilai karakter terdapat 193 karakter yang muncul pada bagian evaluasi kognitif 21 nilai karakter yang muncul pada bagian psikomotor dan 26 nilai karakter yang muncul pada bagian afektif. Selain itu terdapat nilai karakter baru yang munul pada bagian evaluasi yaitu teliti cermat dan percaya diri. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian peneliti memberi saran kepada pemerintah untuk mengkaji dan menambahkan nilai karakter baru. Selanjutnya bagi penulis atau pengarang buku sebaiknya melakukan perbaikan tentang muatan nilai karakter pada evaluasi kognitif afektif dan psikomotor dan menambahkan nilai karakter baru di dalamnya. Sementara itu untuk peneliti lain dapat mengembangkan dengan cakupan yang lebih luas dalam mengkaji buku siswa kelas 5 pada keseluruhan tema dengan metodologi yang berbeda. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga peneliti dapat menyelesaiakan penulisan skripsi yang berjudul Analisis Evaluasi Hasil Belajar Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Sekolah Dasar . Shalawat beserta salam salam semoga senantiasa terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Keberhasilan penulisan skripsi ini tidak terlepas dari campur tangan berbagai pihak. Oleh karenanya peneliti mengucapkan terima kasih kepada 1.Prof. Dr. Ah. Rofiudin M.Pd. selaku rektor Universitar Negeri Malang 2.Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan 3.Drs. Imam Nawawi M.Si. selaku Ketua Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan 4.Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. selaku Koordinator Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan 5.Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. selaku Dosen satgas yang telah memberi masukan terhadap penelian ini 6.Muchtar S.Pd M.Si. selaku Dosen Pembimbing I yang selalu bijaksana memberikan bimbingan nasihat serta saran motivasi dan waktu hingga terselesaikannya skripsi ini 7.Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. selaku Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktu memberikan bimbingan nasihat serta saran dan motivasi hingga terselesaikannya skripsi ini 8.Staf Dosen PGSD-FIP Universitas Negeri Malang yang telah membekali penulis dengan berbagai ilmu 9.Staf Tata Usaha Universitas Negeri Malang yang telah banyak membantu penulis selama perkuliahan 10.Ayahku Saiful Rohman dan Ibuku Siti Niswatun atas jasa-jasa kesabaran dan do a yang tidak henti-hentinya kepada penulis dan tidak pernah lelah mendidik peneliti 11.Teman-teman PGSD-E3 tercinta yang telah banyak memberikan dorongan semangat kasih sayang dan bantuan dari pertama memasuki perkuliahan hingga sekarang ini 12.Teman-teman semua atas kebersamaan dan bantuan yang berarti bagi penulis 13.Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Peneliti menyadari bahwa skripsi ini masih belum bisa dikatakan sempurna oleh karenanya peneliti mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan skripsi ini dan semoga skripsi ini bermanfaat. Malang 29 Mei 2017 Peneliti DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK ABSTRACT KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR LAMPIRAN BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah B. Rumusan Masalah C. Landasan Teori 1. Buku Ajar 2. Evaluasi Hasil Belajar 3. Nilai-Nilai Karakter 4. Evaluasi Hasil Belajar Nilai-Nilai Karakter D. Kegunaan Penelitian BAB II METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian B. Kehadiran Peneliti C. Lokasi Penelitian D. Sumber Data E. Prosedur Pengumpulan Data F. Analisis Data G. Pengecekan Keabsahan Temuan H. Tahap-tahap Penelitian BAB III PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN A. Paparan Data 36 1. Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema Lingkungan Sahabat Kita yangTermuat Pada Evaluasi Kognitif 36 2. Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema Lingkungan Sahabat Kita yang Termuat Pada Evaluasi Psikomotor 90 3. Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema Lingkungan Sahabat Kita yang Termuat Pada Evaluasi Afektif 98 B. Temuan Penelitian 108 BAB IV PEMBAHASAN A. Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema Lingkungan Sahabat Kita yang Termuat Pada Evaluasi Kognitif 112 B. Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema Lingkungan Sahabat Kita yang Termuat Pada Evaluasi Psikomotor 126 C. Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema Lingkungan Sahabat Kita yang Termuat Pada Evaluasi Afektif 130 BAB V PENUTUP A. Kesimpulan 139 B. Saran 140 DAFTAR RUJUKAN 142 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 1.1 Nilai dan Arti Nilai-Nilai Karakter 22 2.1 Coding Untuk Ranah Evaluasi 31 2.2 Coding Untuk Muatan Nilai-Nilai Karakter 31 2.3 Coding Untuk Subtema 32 2.4 Coding Untuk Pembelajaran 32 2.5 Coding Untuk Nomor Halaman 32 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran Halaman 1. Variabel Penelitian 146 2. Instrumen Pedoman Analisis Evaluasi Hasil Belajar Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita 151 3. Cover Buku Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita 159 4. Hasil Analisis Evaluasi Hasil Belajar Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas V Tema 9 314 5. Pemetaan Coding 315 6. Berita Acara Diskusi 323 7. Riwayat Hidup 324

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6696

Actions (login required)

View Item View Item