Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Sepanjang 01 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Dian Hardianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Sepanjang 01 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Dian Hardianto

Hardianto, Dian (2017) Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Sepanjang 01 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Dian Hardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardianto Dian. 2017. Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA di SDN Sepanjang 01 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Tri Widjaja M.Pd (II) Drs. H. Syaiful Imam S.Pd. M.Pd Kata Kunci Ilmu Pengetahuan Alam Pembelajaran Model STAD Pembelajaran IPA di kelas V SDN Sepanjang 01 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang mengalami permasalahan dengan aktivitas siswa yang kurang optimal serta hasil belajar siswa yang masih rendah secara klasikal. Dari hasil wawancara yang dilaksanakan peneliti di kelas V SDN Sepanjang 01 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang pada pembelajaran IPA yaitu guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa (1) Guru berupaya mengaktifkan potensi siswa dengan menerapkan metode tanya jawab penugasan dan ceramah pada mata pelajaran IPA pada materi gaya magnet. Namun hanya terdapat empat siswa yang berpartisipasi (2) Siswa belum menunjukkan aktivitas sebagai pembelajar yang aktif untuk mencoba membuktikan suatu konsep IPA dengan belajat bersama teman-temannya. (3) Hasil belajar dari jumlah 12 siswa yang belum mampu mencapai KKM yaitu 9 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD yang diterapkan oleh guru aktivitas siswa saat diterapkan model pembelajaran STAD dan hasil belajar siswa setalah diterapkan model pembelajaran STAD pada materi kompetensi dasar mendeskripsikan hubungan antara gaya gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi gaya gesek gaya magnet) fokus pada indikator yaitu. 1) Mengelompokkan benda yang bersifat magnetis 2) Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan 3) memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari dan 4) Membuat magnet. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas milik Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan Siklus II dilaksanakan 2 pertemuan. Setiap pertemuan dalam siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Subyek penelitian yaitu 1 guru kelas dan 13 siswa kelas V SDN Sepanjang 01. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD pada guru menunjukan peningkatan dibuktikan pada siklus I 97% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Aktivitas siswa menunjukan peningkatan dibuktikan dengan data aktivitas di siklus I perolehan persentase keberhasilan sebesar 79% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I 77% meningkat 15% menjadi 92%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6693

Actions (login required)

View Item View Item