Wicaksono, Anggun Galih Luhur (2017) Analisis evaluasi hasil belajar tentang muatan nilai-nilai karakter pada buku siswwa kelas VI Sekolah Dasar tema 9 menjelajah angkasa luar / Anggun Galih Luhur Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wicaksono Anggun Galih Luhur. 2017. Analisis Evaluasi Hasil Belajar Tentang Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas Kelas VI Sekolah Dasar Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si. (II) Dra. Hj. Nihayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Analisis Evaluasi Hasil Belajar Nilai-nilai Karakter Buku Siswa Sekolah Dasar Karakter bisa disebut juga dengan watak. Watak dari seseorang merupakan ciri khas dari seseorang tersebut. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter teridentifikasi 18 nilai. Nilai-nilai karakter yang dikembangakan dalam pendidikan budaya dan karakter tersebut terintregasi dalam kurikulum 2013 yang tujuannya memunculkan hasil belajar sesuai dengan harapan. Namun menurut hasil wawancara dengan Sulasmi soal-soal ulangan yang dibuat untuk mengukur hasil belajar peserta didik selama ini hanya berisikan tagihan pengetahuan/ kognitif. Soal-soal tersebut sudah sesuai dengan soal evaluasi yang ada pada buku siswa. Penelitian ini menganalisis evaluasi hasil belajar tentang muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas VI SD Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan bagaimana evaluasi hasil belajar tentang muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas VI SD Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar. Pendekatan penelitian ini yaitu kualikatif dengan menggunakan jenis penelitian deskripsif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Nilai-nilai karakter yang termuat dalam evaluasi kognitif pada Buku Siswa Kelas VI SD Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud sebanyak 9 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013.(2) Nilai-nilai karakter yang termuat dalam evaluasi psikomotor pada Buku Siswa Kelas VI SDTema 9 Menjelajah Angkasa Luar terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud hanya 2 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013. (3) Nilai-nilai karakter yang termuat dalam evaluasi afektif pada Buku Siswa Kelas VI SD Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud sebanyak 14 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika merevisi atau mengembangkan buku ajar. Hendaknya buku siswa telah memuat nilai-nilai karakter yang menggali 3 ranah yaitu kognitif psikomotor dan afektif pada setiap evaluasinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |