Peningkatan kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual melalui model Think Pair Share (TPS) kelas V SDN Sanankulon 01 Kabupaten Blitar / Aan Widya Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual melalui model Think Pair Share (TPS) kelas V SDN Sanankulon 01 Kabupaten Blitar / Aan Widya Sari

Sari, Aan Widya (2017) Peningkatan kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual melalui model Think Pair Share (TPS) kelas V SDN Sanankulon 01 Kabupaten Blitar / Aan Widya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Aan Widya. 2017. Peningkatan Kemampuan Siswa Mengomentari Persoalan Faktual Melalui Model Think Pair Share Kelas V SDN Sanankulon 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 PGSD Jurusuan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) ) Dra. Sutansi M.Pd Kata Kunci mengomentari persoalan faktual model TPS Berdasarkan data hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Sanankulon 01 Kabupaten Blitar pada materi mengomentari persoalan faktual ditemukan permasalahan antara lain guru menggunakan metode ceramah dan penugasan tanpa adanya media pembelajaran sehingga siswa kurang berminat dalam pembelajaran mengomentari persoalan faktual dan siswa kurang percaya diri serta kurang lancar berbicara ketika mengomentari persoalan faktual. Hal ini dapat dilihat dari presentase keberhasilan siswa sebesar 29% atau hanya 5 anak yang tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan siswa untuk mengomentari persoalan faktual dengan model TPS pada kelas V SDN Sanankulon 01 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan model pembelajaran TPS mengalami peningkatan. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran mengomentari persoalan faktual melalui model TPS juga mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada silklus I guru sebesar 90% termasuk kategori A (sangat baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 92.5% termasuk kategori A (sangat baik). sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77% termasuk kategori C (cukup) dan pada siklus II sebesar 83.2% termasuk kategori B (baik). Kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan siswa 79.25 dan siklus II meningkat menjadi 84.25. Ketuntasan klasikal pada siklus I 58.5% termasuk kategori E (kurang sekali) dan pada sikus II meningkat menjadi 85% termasuk kategori B (baik). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model TPS dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Selain itu penerapan model TPS juga meningkatkan kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual Oleh karena itu hendaknya guru menerapkan model TPS untuk meningkatkan kemampuan siswa mengomentari persoalan faktual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item