Penerapan model peta konsep untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kandung Winongtan Kabupaten Pasuruan / Nailil Afifah

Afifah, Nailil (2017) Penerapan model peta konsep untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kandung Winongtan Kabupaten Pasuruan / Nailil Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afifah, Nailil. 2013. Penerapan Model Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd., (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja, M.Pd. Kata Kunci: Model Peta Konsep, Kualitas Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar. Untuk meningkatkan kemampuan dan kemauan siswa dalam mempelajari dan memahami konsep-konsep pembelajaran IPA, perlu adanya upaya dari seorang guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. Namun kenyataannya pembelajaran IPA di SDN Kandung jarang sekali menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pembelajaran IPA di SDN Kandung adalah 56,73. Masalah yang menyebabkan pembelajaran IPA kurang berkembang adalah penyampaian materi yang dilakukan guru masih berorientasi pada buku teks, tidak menggunakan model pembelajaran yang sesuai, dan hanya mengutamakan aspek kognitif saja. Situasi pembelajaran terkesan sangat formal, kurang mengatifkan siswa dan kurang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan model peta konsep pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan, (2) mendiskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan dengan menggunakan model peta konsep (3) mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan setelah diterapkan model peta konsep dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,observasi, dan hasil tes. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan model peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kandung Winongan Pasuruan. Peningkatan aktivitas siswa meliputi; pengolahan data, verivikasi data, dan menyimpulkan data. Untuk hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil tes mulai pra tindakan (56,73), meningkat pada siklus I (66,73), dan meningkat lagi pada siklus II (81,34). Penerapan model peta konsep juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Untuk itu peneliti menyarankan kepada semua guru SDN Kandung agar setiap pembelajaran IPA berusaha untuk menggunakan model pembelajaran peta konsep. Bagi kepala sekolah hendaknya mendukung tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran terutama penerapan model-model pembelajaran yang variatif dan memotivasi guru untuk memanfaatkan dan melaksanakannya. KATA PENGANTAR Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya peneliti telah berhasil menyelesaikan penulisan skripsi ini tepat pada waktunya. Atas terselesainya penulisan skripsi ini, maka peneliti mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada: 1.Prof. Dr. Supriyono, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yang telah memberikan kemudahan dalam penulisan ini. 2.Drs. Sutrisno, S.Pd, M.Pd. selaku Ketua Jurusan KSDP Universitas Negeri Malang yang telah memberikan semangat dan dorongan kepada peneliti. 3.Muchtar, S.Pd, M.Si. selaku Koordinator Program Studi S1 PGSD yang telah memberikan pengarahan dan kesempatan untuk melaksanakan penelitian ini. 4.Kepala Dinas Kabupaten Pasuruan yang telah memberikan kesempatan kepada peneliti untuk mengikuti pendidikan S1 PGSD di Universitas Negeri Malang 5.Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd, selaku dosen pembimbing I, yang telah memberikan bimbingan dan arahan dengan sabar dan pengertian. 6.Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd, selaku dosen pembimbing II, yang telah memberikan masukan-masukan dan bimbingan secara telaten. 7.Kepala Sekolah, guru, dan siswa SDN Kandung yang telah membantu kelancaran dalam pengambilan data. 8.Kedua orang tua yang telah memberikan dukungan moril maupun sepirituil dalam menyelesaikan penulisan ini. 9.Suami serta anak-anak yang telah memberi dorongan semangat dan motivasi dalam penulisan skripsi ini. 10.Semua pihak yang telah membantu peneliti dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini. Peneliti menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, oleh karena itu peneliti mengharap adanya masukan dan kritikan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan penulisan skripsi ini. Pasuruan, Desember 2013 Peneliti DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR LAMPIRAN DAFTAR GAMBAR BAB I PENDAHULUAN A.Latar belakang1 B.Rumusan Masalah C.Manfaat Penelitian D.Fokus Penelitian E.Difinisi Istilah BAB II KAJIAN PUSTAKA A.Pembelajaran IPA 1. Hakekat Pembelajaran IPA 2. Tujuan Pembelajaran IPA SD 3. Fungsi Pembelajaran IPA 4. Pembelajaran IPA B. Peta Konsep C. Teori Belajar Bermakna 21 D. Hasil Belajar 1. Pengertian Hasil Belajar 24 2. Pengukuran Hasil Belajar Siswa 25 BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 29 B. Tahap-tahap Penelitian 30 C. Kehadiran Peneliti 34 D. Lokasi Penelitian 34 E. Teknik Pengumpulan Data 35 F. Analisis Data 37 G. Kriteria Hasil Penilaian 38 H. Pengecekan Keabsahan Data 38 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Pra Tindakan  40 B. Deskripsi Data Siklus I . 43 BAB V PEMBAHASAN A. Penerapan Model Peta Konsep  90 B. Aktivitas Siswa  93 C. Peningkatan Hasil Belajar Siswa . 95 BAB VI PENUTUP A. Simpulan ........................................................................ 98 B. Saran-saran ..................................................................... 99 DAFTAR PUSTAKA ....................................................................... 101 LAMPIRAN-LAMPIRAN ............................................................... 102 DAFTAR TABEL Halaman Tabel 4.1 Hasil Tes Siswa Pra Tindakan ......................................... 42 Tabel 4.2 Distribusi Hasil Tes Siswa Pra Tindakan ........................ 43 Tabel 4.3 Ringkasan Observasi RPP I (Pertemuan 1) .................... 49 Tabel 4.4 Ringkasan Observasi Aktivitas Guru I (Pertemuan 1) ..... 50 Tabel 4.5 Ringkasan Observasi Aktivitas Siswa I (Pertemuan 1) ..... 51 Tabel 4.6 Hasil Tes Siswa Siklus I (Pertemuan 1) ........................... 53 Tabel 4.7 Distribusi Hasil Tes Siswa Siklus I (Pertemuan 1) .......... 54 Tabel 4.8 Ringkasan Observasi RPP I ( Pertemuan 2) .................... 60 Tabel 4.9 Ringkasan Observasi Aktivitas Guru I (Pertemuan 2) ..... 61 Tabel 4.10 Ringkasan Observasi Aktivitas Siswa I (Pertemuan 2) ..... 62 Tabel 4.11 Hasil Tes Siswa Siklus I (Pertemuan 2) ........................... 63 Tabel 4.12 Distribusi Hasil Tes Siswa Siklus I (Pertemuan 2) .......... 64 Tabel 4.13 Ringkasan Observasi RPP II (Pertemuan 1) .................... 73 Tabel 4.14 Ringkasan Observasi Aktivitas Guru II (Pertemuan 1) ..... 74 Tabel 4.15 Ringkasan Observasi Aktivitas Siswa II (Pertemuan 1) ..... 75 Tabel 4.16 Hasil Tes Siswa Siklus II (Pertemuan 1) ........................... 76 Tabel 4.17 Distribusi Hasil Tes Siswa Siklus II (Pertemuan 1) .......... 77 Tabel 4.18 Ringkasan Observasi RPP II ( Pertemuan 2) .................... 84 Tabel 4.19 Ringkasan Observasi Aktivitas Guru II (Pertemuan 2) ..... 85 Tabel 4.20 Ringkasan Observasi Aktivitas Siswa II (Pertemuan 2) ..... 85 Tabel 4.21 Hasil Tes Siswa Siklus II (Pertemuan 2) ........................... 87 Tabel 4.22 Distribusi Hasil Tes Siswa Siklus II (Pertemuan 2) .......... 88 DAFTAR LAMPIRAN Halaman Lampiran 1 RPP Siklus I Pertemuan I .......................................... 101 Lampiran 2 RPP Siklus I Pertemuan II ......................................... 112 Lampiran 3 RPP Siklus II Pertemuan I ......................................... 123 Lampiran 4 RPP Siklus II Pertemuan II ........................................ 133 Lampiran 5 Lembar Observasi Aktivitas Siswa ............................ 144 Lampiran 6 Lembar Observasi Aktivitas Guru ............................. 146 Lampiran 7 Catatan Lapangan ....................................................... 148 DAFTAR GAMBAR Halaman Gambar 4.1 Siswa Mengamati Gambar Mata ....... 46 Gambar 4.2 Peneliti Berdiskusi dengan Observer ............................ 50 Gambar 4.3 Aktivitas Siswa dalam Mengisi Bagan Konsep ............ 52 Gambar 4.4 Siswa Mempresentasikan Hasil Diskusi ....................... 59 Gambar 4.5 Siswa Berdiskusi Kelompok ......................... 70 Gambar 4.6 Siswa Mempresentasikan Hasil Diskusi ....................... 71 Gambar 4.7 Aktivitas Siswa.......................................... 73 Gambar 4.8 Kelompok Mempresentasikan Hasil Diskusi ............... 82

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6688

Actions (login required)

View Item View Item