Peningkatan ketrampilan menyimak peserta didik kelas V SDN Balearjosari 1 melalui model pembelajaran menyimak intensif / Irfan Nurhuda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan ketrampilan menyimak peserta didik kelas V SDN Balearjosari 1 melalui model pembelajaran menyimak intensif / Irfan Nurhuda

Nurhuda, Irfan (2017) Peningkatan ketrampilan menyimak peserta didik kelas V SDN Balearjosari 1 melalui model pembelajaran menyimak intensif / Irfan Nurhuda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhuda Irfan. 2017. Peningkatan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas V SDN Balearjosari 1 Melalui Model Pembelajaran Menyimak Intensif. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Rumidjan M.Pd (II) Dra. Hj. Sukamti M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Menyimak Menyimak Intensif Model Pembelajaran Menyimak Intensif Penguasaan keterampilan berbahasa sangat penting untuk ditanamkan pada peserta didik. Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai peserta didik yaitu keterampilan menyimak. Keterampilan menyimak termasuk dalam keterampilan reseptif yang digunakan untuk memperoleh informasi dalam bentuk lisan. Guru perlu mengetahui kemampuan peserta didik dalam keterampilan menyimak. Hal ini dikarenakan keterampilan menyimak mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui pelaksanaan model pembelejaran menyimak intensif pada peserta didik kelas V SDN Balearjosari 1 Kota Malang tahun ajaran 2016/2017 (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menyimak melalui model pembelajaran menyimak intensif pada peserta didik kelas V SDN Balearjosari 1 Kota Malang tahun ajaran 2016/2017. Terdapat 4 tahapan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Dengan prosedur pengumpulan data yaitu 1) Tes 2) Observasi dan 3) Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN Balearjosari 1 sebanyak 46 peserta didik yang terdiri dari 24 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penggunaan model pembelejaran menyimak intensif untuk meningkatkan keterampilan menyimak yang dilaksanakan 4 kali menunjukkan hasil yang baik. Pelaksanaan model pembelajaran menyimak intensif sudah ideal sesuai 3 tahap yaitu pre-listening stage while-listening stage dan follow-up stage. Pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata 63 95 dengan prosentase ketercapaian KKM 31 82%. Pada siklus 2 diperoleh skor rata-rata 86 86 dengan prosentase ketercapaian KKM 80 48%. Pada siklus 3 diperoleh hasil 78 10% dengan prosentase ketercapaian KKM 52 38%. Pada siklus 4 diperoleh hasil 82 70% dengan prosentase ketercapaian KKM 70 45%. Setelah melewati 4 siklus dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran menyimak intensif dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik. Guru sebagai tenaga pengajar diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi peserta didik. ABSTRACT Nurhuda Irfan. 2017. The Improvement of Listening Skill of 5th Grader in SDN Balearjosari 1 Through Intensive Listening Instructional Model. Bachelor Thesis Section Elementary Education Elementary Education and Pre-School Department Faculty of Education State University of Malang. Advisors (I) Drs. H. Rumidjan M. Pd (II) Dra. Hj. Sukamti M.Pd. Keywords listening skill intensive listening Intensive Listening Instructional Model. Language skills matery is very important to be implanted on the student. One of the language skills that must be mastered by student is listening skills. Listening skills were included in the receptive skills that used to obtain information in oral form. Teachers need to know the ability of learners in listening skills. This is because listening skills affect student understanding towards learning. The purpose of this study i.e. (1) Determine the implementation of intensive listening instructional model in 5th grader students in SDN Balearjosari 1 Malang year 2016/2017 (2) Determine the improvement of listening skills through intensive listening instructional model in 5th grader students in SDN Balearjosari 1 Malang in year 2016/2017. There are four stages in the Class Action Research (CAR) i.e. 1) planning 2) Action 3) Observation and 4) reflection. With data collection procedures i.e. 1) Test 2) Observation and 3) Documentation. Subjects in this study are the students in 5th grader in SDN Balearjosari 1 as much as 46 learners consisting of 24 men and 22 women. The research was conducted in the second semester of the year 2016/2017. The use of intensive listening instructional model to improve listening skills which held 4 times showed a good results. Implementation of intensive listening instructional model is ideally corresponding with three phases listening that is pre-listening stage while-listeningstage and the follow-upstage. In cycle 1 obtained 63.95 average score with percentage 31.82% of minimum passing score achievement. In cycle 2 obtained 86.86 average score with percentage 80.48% of minimum passing score achievement. In cycle 3 obtained 78.10 average score with percentage 52.38% of minimum passing score achievement. In cycle 4 obtained 82.70 average score with percentage 70.45% of minimum passing score achievement. After passing through four cycles it can be concluded that intensive listening instructional model can be used as an alternative to improve student s listening skills. Teacher as instructor are expected to developing the learning to maintaining and improving the achievement of student.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6687

Actions (login required)

View Item View Item