Peningkatan hasil belajar PKn Materi bermusyawarah melalui model think pairs share pada kelas II SDN Klatak Kabupaten Blitar / Hafidz Noto Kusumo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn Materi bermusyawarah melalui model think pairs share pada kelas II SDN Klatak Kabupaten Blitar / Hafidz Noto Kusumo

Kusumo, Hafidz Noto (2017) Peningkatan hasil belajar PKn Materi bermusyawarah melalui model think pairs share pada kelas II SDN Klatak Kabupaten Blitar / Hafidz Noto Kusumo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumo Hafidz Noto. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Bermusyawarah Melalui Model Think Pairs Share Pada Kelas II SDN Klatak Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Suwarti S.Pd. M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata kunci peningkatan hasil belajar model Think Pair Share Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran PKn dikelas II SDN Klatak Kabupaten Blitar diketahui terdapat beberapa hambatan dan permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran antara lain (1) Model mengajar guru dalam situasi pembelajaran yang masih bersifat klasikal. (2) Guru terlalu mendominasi jalannya pembelajaran. (3) Siswa yang aktif dalam pembelajaran hanya siswa yang pandai saja sedangkan siswa yang lain bersikap pasif. (4) Siswa kurang bekerjasama dengan temannya untuk memecahkan permasalahan yang menjadi topik pembelajaran yang diberikan guru.. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa didapatkan hasil bahwa 8 siswa mendapat nilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Klatak Kabupaten Blitar melalui model Think Pair Share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh persentase hasil belajar siswa meningkat dari tahap pratindakan siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sudah mencapai 100% dan dipertahankan sampai siklus II pertemuan 2. Guru telah berhasil menerapkan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah model Think Pairs Share dengan sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 65% dan pertemuan 2 sebesar 73%. Pada siklus II pertemuan 1 persentase aktivitas siswa sebesar 85% dan pada pertemuan 2 persentase aktivitas sebesar 93%. Untuk rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 57% dan pertemuan 2 memperoleh 74%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 79% dan pertemuan 2 memperoleh 93%. Disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi bermusyawarah. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan model Think Pair Share pada pembelajaran PKn supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Klatak Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6686

Actions (login required)

View Item View Item