Analisis kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Savitry Wulandari Aghyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Savitry Wulandari Aghyawati

Aghyawati, Savitry Wulandari (2017) Analisis kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Savitry Wulandari Aghyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aghyawati Savitry Wulandari. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Siswa Kelas V SDN Lesanpuro 1 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq Mpd (II) Dra. Endang Setyo .W M.Pd. Kata Kunci Analisis kesalahan berbahasa karangan siswa sekolah dasar Penulisan karangan deskripsi oleh siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kota Malang yang telah sering dilakukan oleh siswa namun masih terdapat beberapa kesalahan dalam berbahasa. Kesalahan berbahasa diperjelas dengan kesalahan dalam menuliskan kata bentukan kata serapan huruf kapital dan tanda baca. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menuliskan atau menggunakan kata bentukan khususnya yang berawalan me- di- dan pe- kata serapan yaitu ejaan dan penyesuaian akhiran kata asing huruf kapital dan tanda baca titik koma dan hubung. Penelitian ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut (1) observasi awal (2) wawancara (3) tes tertulis (4) pengolahan data dan analisis data (5) menyimpulkan hasil analisis data. Data utama dalam penelitian ini yaitu hasil tes dari siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kota Malang. Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Siswa Kelas V SDN Lesanpuro 1 Kota Malang dapat dijabarkan sebagai berikut (1) Terdapat 9% kesalahan penulisan dan penggunaan kata bentukan dengan frekuensi kesalahan sebesar 71 (2) Terdapat 2% kesalahan penulisan dan penggunaan kata serapan dengan frekuensi kesalahan sebesar 18 (3) Terdapat 71% kesalahan penulisan dan penggunaan huruf kapital dengan frekuensi kesalahan sebesar 562 (4) Terdapat 14% kesalahan penggunaan tanda baca titik dengan frekuensi kesalahan sebesar 113 (5) Terdapat 13% kesalahan penggunaan tanda baca koma dengan frekuensi kesalahan sebesar 100 (6) Terdapat 3% kesalahan penggunaan tanda baca hubung dengan frekuensi kesalahan sebesar 22. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa dalam karangan deskripsinya masuk dalam kategori sedikit sekali (2%-14%) untuk kata bentukan kata serapan serta tanda baca sedangkan banyak sekali (71%) untuk huruf kapital. Disarankan dari hasil penelitian ini menjadi perhatian untuk guru-guru agar lebih memperhatikan siswa khususnya kemampuan dalam berbahasa siswa serta peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini menggunakan metodologi yang dikembangkan dan variabel yang lebih kompleks. ABSTRACT Aghyawati Savitry Wulandari. 2017. The Analysis of Language Error In Fifth Grader Writing of SDN Lesanpuro 1 Malang. Mini Thesis Undergraduete Study Program of Elementary School Teacher Education Department of Elementary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (I) Drs. Achmad Taufiq Mpd (II) Dra. Endang Setyo .W M.Pd Keywords Analysis Mistake Language Student Essay Primary School Writing description essay by students in fifth grader of SDN Lesanpuro 1 Malang City but there are several errors in the language. Language errors in writing or using word forms word absorptions capital letters and punctuation. The purpose of this research is to analyze the mistakes made by students in writing or using the word forms word absorption capital letters and punctuation. Specially word formations that begin with Me- Di- and Pe-. The word absorption is the spelling and adjustment of the foreign word suffix. Capital letters and the punctuation point commas and connections. The research has the following steps (1) preliminary observation (2) interview (3) written test (4) processing data and analysis data (5) summarizes the result of analysis data. The main data in this research are fifth grader students of SDN Lesanpuro 1 Malang City. The Analysis of Language Error In Fifth Grader Writing of SDN Lesanpuro 1 Malang can be described as subsequent. (1) There is a 9% error of writing and the use of the word formation with a frequency error of 71 (2) There are 2% error of writing and the use of word absorption with error frequency of 18 (3) There are 71% error of writing and capitalization using the frequency error of 562 (4) There is a 14% error in the use of point punctuation with an error frequency of 113 (5) There is a 13% error in the use of commas punctuation with a frequency error of 100 (6) There is a 3% error in the use of connections punctuation with Frequency error of 22. The conclusion of this research is language error in fifth grader writing are done with low categorized (2% -14%) for the word formation the word absorption and punctuation while a lot or high categorized (71%) for capital letters. It is suggested that the results of this research become a concern for teachers to pay more attention to students especially the ability in the language of students and further researchers can develop this research using developed methodologies and more complex variables.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6685

Actions (login required)

View Item View Item