Rahayu, Ria Octaviana (2017) Analisis kesalahan siswa dalam menentukan unsur bangun ruang tema 5 Hidup Bersih dan Sehat kelas II SD se-Gugus II Kedungkandang Kota Malang / Ria Octaviana Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahayu Ria Octaviana 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menentukan Unsur Bangun Ruang Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat Kelas II SD Se-Gugus II Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci Analisis Kesalahan Unsur Bangun Ruang Dalam kurikulum pendidikan dasar 2013 siswa SD kelas II diharapkan menguasai geometri khususnya tentang unsur-unsur bangun ruang. Berdasarkan penelitian pada April 2017 di kelas II SD Se-Gugus II Kedungkandang ditemukan bahwa masih banyak kesalahan dalam menyelesaiakan soal tentang unsur bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika tentang unsur-unsur bangun ruang (2) mendeskripsikan penyebab munculnya kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika tentang unsur-unsur bangun ruang. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas II SD Se-Gugus II UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa dokumen gambar dan wawancara hasil pekerjaan siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap memeriksa kesalahan dari hasil pekerjaan siswa menghitung persentase siswa yang mengalami kesalahan dan mendeskripsikan data dari tiap butir soal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu siswa masih melakukan kesalahan dalam menentukan unsur bangun ruang yang meliputi bentuk sisi banyak sisi bentuk rusuk banyak rusuk dan banyak titik sudut. Dari 82 siswa diketahui siswa yang melakukan kesalahan dalam menentukan unsur bangun ruang pada bangun balok sebanyak 54 siswa (66%) pada bangun prisma segitiga sebanyak 64 siswa (78%) prisma segi lima sebanyak 66 siswa (81%) limas segitiga sebanyak 66 siswa (81%) dan limas segi empat 57 siswa (70%). Penyebab munculnya kesalahan dalam menentukan unsur bangun ruang meliputi (1) siswa belum memahami konsep sisi rusuk dan titik sudut pada bangun ruang (2) siswa tidak teliti dalam membilang banyak sisi rusuk dan titik sudut (3) siswa menyelesaikan soal tidak dengan prosedur yang benar. Dari kesalahan tersebut dapat dikategorikan jenis kesalahan yang terjadi yaitu kesalahan konsep prosedur dan membilang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) guru sebaiknya menggunakan media berupa bentuk bangun ruang jaring-jaring bangun ruang kerangka bangun ruang dan gambar bangun ruang untuk mempermudah siswa belajar bangun ruang (2) bagi peneliti selanjutnya dalam menganalisis kesalahan siswa dalam unsur bangun ruang sebaiknya soal yang diujikan lebih singkat dan jelas sehingga siswa dapat memahami makna dari pertanyaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6684 |
Actions (login required)
View Item |