Amelia, Firdhani Noventa (2017) Pembelajaran menulis tegak bersambung menggunakan media big book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas III SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen Malang / Firdhani Noventa Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amelia Firdhani Noventa. 2017. Pembelajaran Menulis Tegak Bersambung Menggunaan Media Big Book dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelas III SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd (II) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd Kata kunci media big book menulis tegak bersambung sekolah dasar Muatan pelajaran Bahasa Indonesia untuk kategori kelas rendah khususnya kelas III salah satu yang harus dikuasai yaitu menyajikan informasi atau materi pelajaran dengan bahasa tulis. Bahasa tulis yang dipelajari salah satunya yaitu tulisan menggunakan huruf tegak bersambung. Permasalahan yang ditemukan yaitu siswa kelas III belum terampil dalam menulis menggunakan tegak bersambung. Big Book merupakan salah satu media pembelajaran yang berbentuk buku yang berisi gambar dan tulisan berukuran besar.Tulisan dalam Big Book dapat dibuat menggunakan huruf tegak bersambung sehingga membantu siswa dalam mengenal dan menuliskan huruf tegak bersambung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan (1) aktivitas pembelajaran menulis tegak bersambung menggunakan media Big Book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas III SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen Malang dan (2) Peningkatan hasil belajar keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan media Big Book kelas III SD Negeri Bareng 05 Malang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki 4 tahapan yaitu 1)perencanaan 2)tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Dengan prosedur pengumpulan data yaitu 1)wawancara 2) observasi 3) dokumentasi dan 4) tes. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III sebanyak 9 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penggunakan media Big Book dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung. Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas III SD Negeri Bareng 05 Malang antara pratindakan ke siklus I sebesar 22% . Peningkatan dari pratindakan ke siklus I dari 22% menjadi 34%. Peningkatan pada siklus II dari 34% menjadi 89% dengan selisih persentase 55%. Penggunaan media Big Book dapat memotivasi siswa untuk terampil dalam menulis menggunakan tegak bersambung. Pembelajaran menulis tegak bersambung menggunakan media Big Book disarankan perlu bersabar dalam mengajarkan menulis tegak bersambung pada siswa sehingga siswa lebih teliti dan serius dalam berlatih menulis tegak bersambung.Hasil belajar menulis tegak bersambung menggunakan media Big Book dapat ditingkatkan kembali apabila siswa diberikan latihan menulis tegak bersambung berawal dari menuliskan huruf suku kata kata hingga dapat menjadi kalimat secara bertahap dan konsisten dan hasil menulis siswa semakin lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |