Profil kemampuan number sense siswa SDN Blitar / Embun Sukade - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kemampuan number sense siswa SDN Blitar / Embun Sukade

Sukade, Embun (2017) Profil kemampuan number sense siswa SDN Blitar / Embun Sukade. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukade Embun. 2017. Profil Kemampuan Number Sense Siswa SDN Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. Kata Kunci bilangan number sense profil kemampuan siswa. Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VB SDN Blitar yaitu (1) siswa beralasan bahwa matematika memiliki rumus yang rumit dan me-merlukan ketelitian tinggi dalam menghitung (2) siswa tidak hafal dengan perka-lian (3) siswa tidak dapat menempatkan tanda koma pada bilangan desimal. Pene-litian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa kelas VB kelompok tinggi sedang dan rendah SDN Blitar semester genap tahun ajaran 2016/2017 dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Meliputi 4 tahap yaitu (1) persiapan (2) pelaksanaan (3) analisis dan (4) kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilaku-kan dengan cara dokumentasi tes number sense dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis data kualitatif. Melalui tahap (1) reduk-si data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian profil kemampuan number sense siswa memperoleh rata-rata kebenaran penyelesaian soal setiap komponen adalah sebagai berikut (1) number meaning 70% dengan kriteria cukup (2) number magnitude 54% dengan kriteria sangat kurang (3) number relationship 42% dengan kriteria sangat ku-rang (4) number operations 59% dengan kriteria kurang dan (5) number referent 63% dengan kriteria kurang. Penguasaan tertinggi siswa terdapat pada komponen number meaning penguasaan sedang terdapat pada number operations dan penguasaan terendah pada number relationship. Penelitian kemampuan number sense siswa telah diterapkan dengan baik sehingga dapat mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan bilangan. Disarankan bagi guru hasil penelitian ini dapat mengoptimalkan kemampuan siswa. Bagi pihak yang terkait dan peme-gang kebijakan pendidikan hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan diskusi mengenai kemampuan siswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Bagi pene-liti lanjutan hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan pemikiran untuk kegiatan penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6682

Actions (login required)

View Item View Item