Fakhrudin, Rudy (2017) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model role playing di kelas V semester 2 SDN Karangrejo 02 Kabupaten Kediri / Rudy Fakhrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fakhrudin Rudy. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Role Playing di Kelas V Semester 2 SDN Karangrejo 02 Kabupaten Kediri Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Widayati M.H (2) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd Kata kunci hasil belajar pkn role playing Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 Kabupaten Kediri pada siswa kelas V dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena (1) mata pelajaran PKn yang disajikan guru kurang menarik bagi siswa karena pembelajaran berpusat pada guru (2) dalam proses pembelajaran tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif (3) siswa kurang diberi kesempatan dalam mengembangkan ide dan pikirannya (4) siswa merasa bosan dengan apa yang dipelajari karena siswa hanya menghafal konsep-konsep yang disampaikan dan komunikasi cenderung hanya satu arah dan (5) rendahnya hasil belajar PKn dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan penerapan model role playing pada pembelajaran PKn di kelas V dan peningkatan hasil belajar PKn melalui model role playing dikelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dengan teknik wawancara observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model role playing pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari persentase aktivitas guru siklus I pertemuan 1 sebesar 73% pertemuan 2 sebesar 87% siklus II pertemuan 1 sebesar 100% dan pertemuan 2 sebesar 100%. Persentase aktivitas siswa dari siklus I pertemuan 1 sebesar 62% pertemuan 2 sebesar 86% siklus II pertemuan 1 sebesar 91% pertemuan 2 sebesar 94%. Persentase ketuntasan untuk hasil belajar siswa dari siklus I pertemuan 1 sebesar 48% pertemuan 2 sebesar 67% siklus II pertemuan 1 sebesar 86% pertemuan 2 sebesar 95%. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa model role playing dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Karangrejo 02 Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dapat menerapkan model role playing pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa terhadap suatu materi sehingga kualitas pembelajaran di sekolah dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |